Tumpukan sampah di salah satu wilayah di Kota Ambon, yang telah dibersihkan. Foto-Ist/TN

 734 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Kesadaran warga kota Ambon terhadap kebersihan lingkungan rupanya masih harus terus ditingkatkan. Tanpa ada kesadaran itu, maka program prioritas Penjabat Wali Kota untuk “Ambon Bersih” sulit terwujud.

Salah satu contoh dari rendahnya kesadaran masyarakat adalah sampah di kawasan Air Besar (Arbes), Negeri Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon yang kembali menumpuk dan dibersihkan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP).

Pembersihan tumpukan sampah ini merupakan yang ketiga kalinya dilakukan dalam kurun waktu lima bulan terakhir. Tercatat pembersihan pertama kawasan tersebut dipimpin oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse pada April 2022.

Selanjutnya pembersihan kedua pada bulan Juni lalu dipimpin oleh Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena bersama Pengurus Besar AMGPM.

Dan untuk ketiga kalinya, DLHP Kota Ambon kembali membersihkan dan mengangkut ratusan ton sampah di lokasi yang sama. Gunungan sampah itu diangkut selama dua hari, mulai Rabu (10/8/2022).

Sekretaris DLHP Kota Ambon, Hairun Tunny mengatakan, pembersihan terhadap tumpukkan sampah di kawasan Arbes merupakan perintah dari Penjabat Wali Kota Ambon.

“Sesuai perintah dari pak Penjabat Wali Kota Ambkn, maka sejak kemarin dan hari ini kita kembali melakukan pembersihan terhadap tumpukan yang ada dikawasan Air besar ini, ” katanya kepada wartawan, di Ambon, Jumat (12/8/2022).

Pihaknya, menurut dia, akan mengupayakan agar tumpukan sampah yang ada di air besar ini bisa diangkut dan dibersihkan hingga tuntas.

“Kita akan memaksimalkan kekuatan yang kita miliki, untuk membersihkan tumpukan sampah yang ada ini,“ tegasnya.

Dikatakan, pihaknya mengarahkan seluruh petugas dan armada untuk membersihkan tumpukan sampah dikawasan tersebut.

“Rabu kemarin, kita libatkan 15 unit dan truk dan 4 unit amrol pengangkut, dengan jumlah sampah yang berhasil diangkut itu sekitar 144 ton, terdiri dari 1 unit dam truk mengangkut sampah 8 ton, dan dikalikan dengan 15 unit, ditambah dengan 1 unit amrol berisikan 6 ton, dikalikan dengan 4 amrol,” beber dia.

Sedangkan untuk kemarin, lanjut dia, pihaknya mengarahkan 15 mobil dam truk dan 4 amrol, untuk membersihkan seluruh tumpukkan sampah tersebut.

“Yang pasti kita upayakan untuk tumpukan sampah ini harus bersih. Volume sampah sisa ini lebih banyak dari kemarin. Selain DLHP, Pengangkutan sampah di Arbes ini juga melibatkan Dinas PUPR dan Sat Pol PP Kota Ambon,” tandas Tunny.

Berita lain untuk anda

Fraksi NasDem Desak Wali Kota Ternate Copot Dirut PDAM

 951 total views (dibaca)  951 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem) DPRD…

Polri Kantongi Identitas Pelaku Bentrok Dua Kelompok di Sorong

 1,607 total views (dibaca)  1,607 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kalpolri) mengantongi…

Lakukan Reses, H Sulaeman Jaring Aspirasi Warga

 971 total views (dibaca)  971 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Hari kedua, Senin (19/10/2020) agenda kunjungan…

Kemampuan Komite Penanggulangan Keadaan Darurat Bandara Mopah Diuji

 977 total views (dibaca)  977 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kantor UPBU Kelas 1 Merauke, Papua,…

Impor Maluku Pada Agustus 2021 Naik

 943 total views (dibaca)  943 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Impor Maluku bulan Agustus 2021 mencapai…

Salah Paham, Satu Rumah Warga Di Kota Sorong Dibakar

 994 total views (dibaca)  994 total views (dibaca) Sorong,TN – Satu unit rumah yang berlokasi di jalan…

Arwani Tomafi: Rapimwil Merupakan Momentum Lanjutan Konsolidasi Organisasi

 1,025 total views (dibaca)  1,025 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai…

Prajurit TNI AL di Sorong Bantu Bersihkan Material Rumah Warga Yang Roboh Akibat Cuaca Ekstrem

 1,160 total views (dibaca)  1,160 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Angin kencang dan gelombang tinggi yang terjadi…

Pengalihan PI 10 Persen Untuk Maluku Resmi Masuk Tahap 7

 1,083 total views (dibaca)  1,083 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Provinsi Maluku mendapatkan kado spesial di…

Mantaap, Polres Jayapura Bekuk Pelaku Pembuat Surat PCR Palsu

 1,011 total views (dibaca)  1,011 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SENTANI – Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres…