Tulis Skripsi Tentang Peran Bawaslu Maybrat, Mahasiswa Unimuda Sorong ini Dapat Apresiasi

Foto bersama anggota Bawaslu Kabupaten Maybrat, Falri Sampe Toding Rego (Kanan) dan Zakarias Kambu mahasiswa Unimuda Sorong (kiri). Foto Ones

TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT- Bawaslu Maybrat berikan apresiasi kepada Zakarias Kambu mahasiswa Unimuda Sorong yang telah menulis Skripsi tentang Peran Bawaslu dalam Upaya Pencegahan, Penindakan dan Penyelesaian Sengketa Pelanggaran Pilkada di kabupaten Maybrat. Juga terkait studi kasus terhadap pemilihan kapala daerah kabupaten Maybrat periode 2017-2022 dan juga Pemilu Legislatif tahun 2019 lalu.

“Hal ini merupakan evaluasi kinerja Bawaslu, karena ada kekurangan kami sebagai penyelenggara pada Pilkada 2017 sampai dengan pemilu di 2019 kemarin dari bayangan apa yang dilakukan oleh penulis itu kemungkinan ada kesimpulan dan saran-saran yang dimasukkan dalam karya ilmiah tersebut” ujar Falri Sampe Toding Rego, Komisioner Bawaslu kabupaten Maybrat, Kamis (1/7/2021).

Menurutnya, demokrasi memang lebih baik, minimal ada elemen yang berpartisipasi baik dari masyarakat maupun dari akademisi. Hal itu merupakan sebuah informasi yang dikaji terus memberikan informasi tentang demokrasi kepada publik.

Zakarias Kambu merupakan mahasiswa program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah (unimuda) Sorong yang menulis tentang Peran Bawaslu dalam Upaya Pencegahan Penindakan dan Penyelesaian Sengketa Pelanggaran Pilkada di kabupaten Maybrat, saat dikonfirmasi mengaku hal tersebut

“Mengapa saya memilih untuk menulis Skripsi dengan judul itu, karena menurut pengamatan saya, selama penyelenggaraan pesta demokrasi itu tidak berjalan sesuai dengan Kode Etik, baik itu Pilkada dan Pileg tidak semua kasus diselesaikan secara baik, adil, jujur dan transparansi,” jelasnya.