Trigana Air Buka Kembali Penerbangan di Yahukimo Pasca Penembakan KKB

Deputy Area Manager Papua Trigana Air; Ahmad Irwan Rochendi

TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Maskapai Trigana Air kembali membuka penerbangan Sentani-Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan, Rabu 5 April 2023. Demikian Deputy Area Manager Papua Trigana Air Ahmad Irwan Rochendi.

“Iya benar, kami sudah mulai lakukan peyanan, dan untuk penerbangan merupakan atensi dari masyarakat setempat yang memberikan kepercayaan untuk menggunakan penerbangan kami dari Jayapura-Yahukimo dan Yahukimo-Jayapura,”ujar Ahmad di ruang kerjanya, Rabu (5/4/2023).

Menurut Ahmad, Maskapai Trigana Air menggunakan satu unit pesawat jenis ATR 42500 dengan kapasitas penumpang 45 seat untuk sekali penerbangan dari Sentani ke Yahukimo dan sebaliknya.”Kami hanya satu pesawat yang melayani ke Dekai, jenis ATR 42500 45 seat,”akunya.

Pihaknya mengaku tidak ada subsidi dari pemerintah daerah terkait dengan pelayanan penerbangan di Yahukimo. Namun, masyarakat dan pemerintah daerah setempat memberikan jaminan keamanan. Di sampingnya itu, Trigana Air juga membangun komunikasi yang intens dengan pihak keamanan guna kelancaran dan keamanan selama penerbangan di Bandara Dekai Yahukimo.

Seperti diwartakan media, Maskapai Trigana Air menghentikan sementara penerbangan ke Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan. Keputusan itu diambil pasca insiden penembakan terhadap pesawat trigana boeing 737-500 oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) saat pesawat lepas landas dari Bandara Nop Goliat di Dekai, Kabupaten Yahukimo pada Sabtu 11 Maret 2023.