Trafik Layanan Data Telkomsel Pada Momen Ramadan dan Lebaran Tahun 2022 Tumbuh Hingga 21 Persen

Telkomsel mencatat adanya peningkatan trafik layanan broadband pada periode Ramadan dan Idul Fitri 1443 H (RAFI 2022) sebesar 21 persen dibandingkan momen yang sama di tahun sebelumnya. (Foto:IST/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Telkomsel sebagai society enabler konsisten berupaya memaksimalkan pengalaman digital bagi seluruh pelanggan melalui penyediaan jaringan broadband terdepan dengan konektivitas digital yang andal untuk kelancaran berkomunikasi serta kemudahan mengakses produk dan layanan digital terkini.

Telkomsel mencatat adanya lonjakan trafik layanan data hingga 45.1 Petabyte (PB), atau tumbuh 21 persen pada Lebaran tahun 2022 dibanding momen yang sama tahun sebelumnya.

“Telkomsel mencatat adanya lonjakan trafik layanan data pada periode Lebaran tahun ini sebesar 21 persen dibandingkan periode RAFI tahun lalu, atau 9 persen dibanding hari biasa,”ujar Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono kepada teropongnews.com, Senin (9/5/2022).

Di sisi lain, untuk layanan SMS dan panggilan suara (voice) di momen Ramadan dan Idul Fitri 2022 masing-masing mengalami penurunan sebesar 31 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya.

Saki lebih lanjut menjelaskan, lonjakan trafik komunikasi layanan data dan digital selama periode RAFI 2022 tersebut didorong dengan tumbuhnya aktivitas digital pelanggan yang meliputi akses layanan communication (instant messaging dan video conference) yang naik mencapai 21 persen, mobile gaming melonjak hingga 17 persen, streaming video sekira 16 persen, dan akses media sosial yang meningkat mencapai 3 persen, dibandingkan hari biasa.

Sedangkan untuk akses layanan e-commerce mengalami penurunan sekira 38 persen, diikuti aktivitas browsing yang juga berkurang 7 persen.

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform favorit seperti WhatsApp (tumbuh 35%), TikTok (meningkat 16%), Instagram (naik 15%), YouTube (melonjak 13%) dan Facebook (naik 1%).

Seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama RAFI 2022 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa.

Seperti di wilayah operasional Kabupaten Tasikmalaya (Provinsi Jawa Barat) naik sekira 43 persen, Kabupaten Garut (Provinsi Jawa Barat) tumbuh 34 persen, Kabupaten Cilacap (Provinsi Jawa Tengah) sebesar 50 persen, wilayah Kabupaten Cirebon (Jawa Barat) naik sekira 28 persen, dan wilayah Kabupaten Ciamis (Provinsi Jawa Barat) tumbuh 42 persen.

Seiring dengan kebijakan pemerintah yang memberi kemudahan masyarakat untuk mudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 2022, Telkomsel juga menemukenali adanya pergerakan pelanggan yang cukup signifikan dari wilayah Jabodetabek ke sejumlah wilayah yang menjadi tujuan mudik di wilayah Pulau Jawa seperti provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Untuk wilayah Jawa Barat sendiri mengalami peningkatan kedatangan pelanggan sebesar 13 persen, sedangkan untuk Jawa Tengah meningkat sebesar 17 persen, dan Jawa Timur sekitar 6 persen, dibandingkan hari biasa.

Di wilayah Regional Puma yang mencakup Provinsi Papua, Papua Barat, dan Maluku tercatat peningkatan trafik layanan data sebesar 1.23 Pentabyte, tumbuh sebesar 48 persen dibandingkan periode RAFI tahun lalu, atau 0.9 persen dibanding hari biasa.

Untuk layanan suara/telepon tercatat mengalami penurunan 31 persen dibandingkan dengan periode RAFI tahun lalu, atau tumbuh 13 persen jika dibandingkan dengan hari biasa.

Untuk layanan SMS tercatat mengalami penurunan 65 persen dibandingkan dengan periode RAFI tahun lalu, atau turun 0.2 persen jika dibandingkan dengan hari biasa.