Telkomsel mencatat adanya peningkatan trafik layanan broadband pada periode Ramadan dan Idul Fitri 1443 H (RAFI 2022) sebesar 21 persen dibandingkan momen yang sama di tahun sebelumnya. (Foto:IST/TN)

 4,805 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Telkomsel sebagai society enabler konsisten berupaya memaksimalkan pengalaman digital bagi seluruh pelanggan melalui penyediaan jaringan broadband terdepan dengan konektivitas digital yang andal untuk kelancaran berkomunikasi serta kemudahan mengakses produk dan layanan digital terkini.

Telkomsel mencatat adanya lonjakan trafik layanan data hingga 45.1 Petabyte (PB), atau tumbuh 21 persen pada Lebaran tahun 2022 dibanding momen yang sama tahun sebelumnya.

“Telkomsel mencatat adanya lonjakan trafik layanan data pada periode Lebaran tahun ini sebesar 21 persen dibandingkan periode RAFI tahun lalu, atau 9 persen dibanding hari biasa,”ujar Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono kepada teropongnews.com, Senin (9/5/2022).

Di sisi lain, untuk layanan SMS dan panggilan suara (voice) di momen Ramadan dan Idul Fitri 2022 masing-masing mengalami penurunan sebesar 31 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya.

Saki lebih lanjut menjelaskan, lonjakan trafik komunikasi layanan data dan digital selama periode RAFI 2022 tersebut didorong dengan tumbuhnya aktivitas digital pelanggan yang meliputi akses layanan communication (instant messaging dan video conference) yang naik mencapai 21 persen, mobile gaming melonjak hingga 17 persen, streaming video sekira 16 persen, dan akses media sosial yang meningkat mencapai 3 persen, dibandingkan hari biasa.

Sedangkan untuk akses layanan e-commerce mengalami penurunan sekira 38 persen, diikuti aktivitas browsing yang juga berkurang 7 persen.

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform favorit seperti WhatsApp (tumbuh 35%), TikTok (meningkat 16%), Instagram (naik 15%), YouTube (melonjak 13%) dan Facebook (naik 1%).

Seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama RAFI 2022 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa.

Seperti di wilayah operasional Kabupaten Tasikmalaya (Provinsi Jawa Barat) naik sekira 43 persen, Kabupaten Garut (Provinsi Jawa Barat) tumbuh 34 persen, Kabupaten Cilacap (Provinsi Jawa Tengah) sebesar 50 persen, wilayah Kabupaten Cirebon (Jawa Barat) naik sekira 28 persen, dan wilayah Kabupaten Ciamis (Provinsi Jawa Barat) tumbuh 42 persen.

Seiring dengan kebijakan pemerintah yang memberi kemudahan masyarakat untuk mudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 2022, Telkomsel juga menemukenali adanya pergerakan pelanggan yang cukup signifikan dari wilayah Jabodetabek ke sejumlah wilayah yang menjadi tujuan mudik di wilayah Pulau Jawa seperti provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Untuk wilayah Jawa Barat sendiri mengalami peningkatan kedatangan pelanggan sebesar 13 persen, sedangkan untuk Jawa Tengah meningkat sebesar 17 persen, dan Jawa Timur sekitar 6 persen, dibandingkan hari biasa.

Di wilayah Regional Puma yang mencakup Provinsi Papua, Papua Barat, dan Maluku tercatat peningkatan trafik layanan data sebesar 1.23 Pentabyte, tumbuh sebesar 48 persen dibandingkan periode RAFI tahun lalu, atau 0.9 persen dibanding hari biasa.

Untuk layanan suara/telepon tercatat mengalami penurunan 31 persen dibandingkan dengan periode RAFI tahun lalu, atau tumbuh 13 persen jika dibandingkan dengan hari biasa.

Untuk layanan SMS tercatat mengalami penurunan 65 persen dibandingkan dengan periode RAFI tahun lalu, atau turun 0.2 persen jika dibandingkan dengan hari biasa.

Berita lain untuk anda

Safari Natal, NRXR Sorong Berbagi Kasih Dengan Panti Asuhan Agape

 179 total views (dibaca)  179 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Komunitas NMax Riders XMax Riders (NRXR)…

Sembilan Orang Dikarantina Khusus, Satgas Covid-19 Kabupaten Sorong Penuhi Kebutuhan Pangannya

 171 total views (dibaca)  171 total views (dibaca) Aimas, TN – Sebanyak sembilan orang anggota Jamaah Tablig…

Sikapi Dugaan Rasis Terhadap Pigai, Pemprov Papua Barat, Minta Masyarakat Tetap Tenang

 161 total views (dibaca)  161 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI-Pemerintah provinsi Papua Barat himbau masyarakat tidak terpancing…

Menyimpan Ganja, Perusak Mobil Patroli Polisi Ini Meringkuk di Penjara

 172 total views (dibaca)  172 total views (dibaca) Aimas, TN – MD, pemuda berusia 19 tahun ini…

Bupati Maybrat Serahkan SK Kenaikan Pangkat dan SK CPNS Formasi 2018

 181 total views (dibaca)  181 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT-Bupati Maybrat Dr Drs Bernard Sagrim, MM, menyerahkan…

Satgas TMMD Ke-112 Rutin Lakukan Komsos Bersama Warga Kampung

 153 total views (dibaca)  153 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Menjalin hubungan baik dengan seluruh lapisan…

Bupati Kabupaten Sorong Resmi Membuka Kegiatan TMMD Ke-110 Di Kampung Kamlin

 177 total views (dibaca)  177 total views (dibaca) TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Bupati kabupaten Sorong, Dr. Jhonny…

Dua Pelaku Predator Anak Terancam 15-20 Tahun Penjara

 172 total views (dibaca)  172 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dua pelaku tindak kriminal terhadap anak…

Dua Warga Ambon Positif Covid-19, Satu MD

 158 total views (dibaca)  158 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Setelah tiga minggu nihil kasus, kini…

Wali Kota: Kunjungan ke Batang Dua Bentuk Perhatian Pemerintah Kepada Masyarakat

 140 total views (dibaca)  140 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman…