TPU Khusus Covid-19 Disiapkan Pemkot Ambon

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy saat mengikuti Rapat Koordinasi Forum Pimpinan Daerah se-Provinsi Maluku, Rabu (8/4/). Foto-Ist/TN

Ambon, TN – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon lewat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah menyiapkan lahan khusus sebagai Tempat Pemakaman Umum (TPU) bagi jenasah Covid-19. Ini untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengaku, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ambon tengah mempersiapkan semua hal, terkait penanganan Covid-19.

“Saat ini, kita berada pada level (tingkat) 1, tapi Gugus Tugas Kota Ambon sudah merencanakan dan mempersiapkan semuanya sampai pada kemungkinan level 3,” jelas Wali Kota lewat siaran persnya yang diterima Teropongnews.com, Jumat (10/4).

Memikirkan kondisi tersebut, lanjut Wali Kota, Gugus Tugas Kota Ambon mempersiapkan segala sesuatu termasuk lahan untuk pemakaman.

“Sudah disiapkan, lahan seluas 1,8 Hektar yang akan digunakan sebagai TPU bagi Korban Covif-19. Lahan tersebut sudah disurvey dan memenuhi persyaratan,” tegas Wali Kota.

Namun demikian Wali Kota mengakui, dirinya meyakini lahan yang sudah disiapkan tersebut, tidak akan terpakai.“Kita siapkan saja, tapi dengan perspektif iman saya, saya yakin tidak akan ada pasien Covid-19 yang meninggal dunia di sini (Ambon),” kata Wali Kota yakni.

Diketahui, Tingkat Travel Advisory (Anjuran Perjalanan) menurut Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat, Tingkat 1 atau Awas, yang berarti ada penyebaran ringan wabah penyakit di wilayah tersebut.

Tingkat 2 atau Alert, berarti wabah sangat serius yang dapat berdampak luas terhadap kesehatan publik. Tingkat 3 atau warning, berarti penyebaran virus sudah sangat darurat dan tidak terkontrol.