TP2DD Sulsel Raih Penghargaan Provinsi Terbaik di KTI

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, saat menerima penghargaan, di acara Rakornas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) di Hotel Le Méridien, Jakarta, Selasa (6/12/2022). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi Sulawesi Selatan berhasil mendapatkan penghargaan, sebagai provinsi terbaik di Kawasan Timur Indonesia (KTI) tahun 2022.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman hadir langsung menerima penghargaan tersebut di acara Rakornas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) di Hotel Le Méridien, Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Rakornas P2DD dibuka Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto yang dihadiri Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo; dan Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Gerard Plate, serta Gubernur, Wali Kota dan Bupati.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, pencapaian ini merupakan kerja keras, sinergi dan kolaborasi semua pihak dan masyarakat di Sulawesi Selatan.

“Alhamdulillah lebih dari 101 persen (naik Rp1,4 trilliun) kenaikan pendapatan Bapenda meningkat pada sektor Non-Tunai dari 2021 ke 2022 sebagai salah satu key indikator penghargaan ini,” kata Andi Sudirman dalam keterangan tertulisnya, yang diterima wartawan, di Makassar, Rabu (7/12/2022).

Salah satu keberhasilan digitalisasi keuangan di Pemprov Sulsel adalah, meningkatnya pembayaran pajak lewat transaksi non tunai. Berdasarkan data Bapenda Sulsel, ada kenaikan 101 persen pembayaran pajak lewat non tunai dari tahun 2021 ke 2022.

Pada Bulan November Tahun 2021 lalu pembayaran pajak sekitar Rp 1,29 triliun secara non tunai. Sementara hingga akhir November yang lalu, pembayaran pajak melalui transaksi non tunai sudah tembus Rp2,61 triliun.

“Penghargaan ini saya persembahkan untuk seluruh rakyat Sulsel yang telah mendukung program elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) dalam bentuk kontribusi pembayaran Pajak dan Retribusi melalui kanal pembayaran non-tunai,” ungkap Andi Sudirman Sulaiman.

Selain Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, masih ada 3 pemda di Sulawesi Selatan yang meraih penghargaan TP2DD terbaik, yaitu Kota Makassar, Kabupaten Luwu dan Kabupaten Sidrap.

Ini adalah pencapaian yang luar biasa dan hanya dapat dicapai melalui kerjasama yang solid dan sinergi antara seluruh pemda di Sulawesi selatan, di bawah koordinasi dan supervisi TP2DD Provinsi Sulawesi Selatan.

Sementara itu, Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah, yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan P2DD di daerah masing-masing.

“Kita harap dengan dilaksanakannya P2DD ini mampu menekan inflasi dan mempercepat laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Karena digitalisasi merupakan target Indonesia setelah G20 ini,” ujar Airlangga.