Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, saat menerima penghargaan, di acara Rakornas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) di Hotel Le Méridien, Jakarta, Selasa (6/12/2022). Foto-Ist/TN

 5,750 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi Sulawesi Selatan berhasil mendapatkan penghargaan, sebagai provinsi terbaik di Kawasan Timur Indonesia (KTI) tahun 2022.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman hadir langsung menerima penghargaan tersebut di acara Rakornas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) di Hotel Le Méridien, Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Rakornas P2DD dibuka Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto yang dihadiri Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo; dan Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Gerard Plate, serta Gubernur, Wali Kota dan Bupati.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, pencapaian ini merupakan kerja keras, sinergi dan kolaborasi semua pihak dan masyarakat di Sulawesi Selatan.

“Alhamdulillah lebih dari 101 persen (naik Rp1,4 trilliun) kenaikan pendapatan Bapenda meningkat pada sektor Non-Tunai dari 2021 ke 2022 sebagai salah satu key indikator penghargaan ini,” kata Andi Sudirman dalam keterangan tertulisnya, yang diterima wartawan, di Makassar, Rabu (7/12/2022).

Salah satu keberhasilan digitalisasi keuangan di Pemprov Sulsel adalah, meningkatnya pembayaran pajak lewat transaksi non tunai. Berdasarkan data Bapenda Sulsel, ada kenaikan 101 persen pembayaran pajak lewat non tunai dari tahun 2021 ke 2022.

Pada Bulan November Tahun 2021 lalu pembayaran pajak sekitar Rp 1,29 triliun secara non tunai. Sementara hingga akhir November yang lalu, pembayaran pajak melalui transaksi non tunai sudah tembus Rp2,61 triliun.

“Penghargaan ini saya persembahkan untuk seluruh rakyat Sulsel yang telah mendukung program elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) dalam bentuk kontribusi pembayaran Pajak dan Retribusi melalui kanal pembayaran non-tunai,” ungkap Andi Sudirman Sulaiman.

Selain Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, masih ada 3 pemda di Sulawesi Selatan yang meraih penghargaan TP2DD terbaik, yaitu Kota Makassar, Kabupaten Luwu dan Kabupaten Sidrap.

Ini adalah pencapaian yang luar biasa dan hanya dapat dicapai melalui kerjasama yang solid dan sinergi antara seluruh pemda di Sulawesi selatan, di bawah koordinasi dan supervisi TP2DD Provinsi Sulawesi Selatan.

Sementara itu, Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah, yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan P2DD di daerah masing-masing.

“Kita harap dengan dilaksanakannya P2DD ini mampu menekan inflasi dan mempercepat laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Karena digitalisasi merupakan target Indonesia setelah G20 ini,” ujar Airlangga.

Berita lain untuk anda

Hari Kedua Pencarian Korban Kapal LCT Ronnysa Yang Tenggelam Masih Nihil

 5,903 kali dilihat 5,903 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Memasuki hari ke-2 proses pencarian, Senin (2/1/2023), Tim…

Menhan RI Beri Kuliah Umum Bagi Mahasiswa UKI Toraja

 2,523 kali dilihat 2,523 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto…

Bamsoet Bantu Sembako Dan Makanan Satwa ke Bazoga

 2,620 kali dilihat 2,620 kali dilihat Bandung, TN – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) memberikan…

Dana Stimulan Korban Gempa Bumi 2019 Untuk Sementara Dibekukan

 2,592 kali dilihat 2,592 kali dilihat Ambon, TN – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota…

Sangkala Harap Pertamina Bisa Memastikan Ketersediaan Mitan Untuk Masyarakat

 2,195 kali dilihat 2,195 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Abdullah Asis…

Terapkan PSBB, Gustu Covid-19 Ambon Akan Pantau Perkembangan

 2,412 kali dilihat 2,412 kali dilihat Ambon, TN – Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan Virus Corona…

Tahun Ini, Pemprov Kaltim Bangun Rumah Layak Huni

 2,758 kali dilihat 2,758 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) menargetkan,…

Pria Ini Histeris Hingga Memeluk Petugas Saat Divaksin

 2,528 kali dilihat 2,528 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Sebagai dampak ditetapkannya kota Sorong sebagai Zona…

Bulan Ini, STQ Tingkat Kota Kendari Digelar

 2,607 kali dilihat 2,607 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, KENDARI – Pemerintah Kota Kendari, akan menggelar Seleksi Tilawatil…

Baru saja Ditangkap, Terduga Pelaku Pembunuhan Di Doom Meninggal Dunia, Diduga Dianiaya

 2,573 kali dilihat 2,573 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG – GR (21) terduga pelaku pembunuhan seorang Ibu…