TP PKK Terus Berupaya Bangkitkan Tenun Ternate

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Ternate, Marliza M. Tauhid memberikan kain tenun Ternate kepada salah satu band lokal asal Provinsi Maluku, Utara Tresshome. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Tenun Ternate merupakan salah satu dari banyaknya kerajinan khas Ternate. Dikenal dengan sebutan Tenun Koloncucu, kini kehadirannya mulai di lirik anak muda Ternate.

Lewat tangan dinginnya, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Ternate, Marliza M. Tauhid, kini Tenun Ternate atau dalam bahasa Ternate di sebut Rapidino (kain yang rapi) akan ditampilkan lewat kostum salah satu band lokal asal Provinsi Maluku, Utara Tresshome, yang akan tampil dalam perhelatan musik Hutan Makassar.

Event musik ini digelar di wisata Bengkasaile, Desa Manimbahoi, Kecamatan Parigi, Kabupaten Goa, Sulawesi Selatan pada 9 sampai 11 September 2022 nanti.

Marliza M Tauhid, memberikan kain tenun Ternate untuk dipakai band saat tampil nanti. “Itulah kenapa saya mengajak anak-anak muda Kota Ternate, untuk berkolaborasi melakukan upaya menghidupkan kembali tenun Koloncucu yang menjadi kebanggan kita semua, melalui bidang yang dekat dengan anak muda milenial,” kata Marliza kepada wartawan, di Ternate, Senin (5/9/2022).

Tenun Koloncucu adalah aset budaya Kota Ternate. Dan sudah kewajiban seluruh elemen masyarakat bersama-sama untuk turut mengangkat, mengenalkan, dan menjaganya, sehingga kelak bisa mengekspansi dampak sosial, budaya dan ekonomi Kota Ternate yang tidak pernah kehabisan talenta muda yang potensial.

“Dan teman-teman Tresshome sebagai band yang akan tampil di event Musik Hutan Makassar menjadi mitra strategis sebagai ambassador dari kalangan milenial, untuk ikut mengenalkan dan membumikan tenun kepada anak muda di Indonesia,” pungkas Marliza.

Sementara itu Eross Mahifa, vokalis Treeshome, mengaku bangga, mendapat support Pemerintah Kota Ternate melalui Ketua TP PKK yang juga istri Wali Kota, Marliza M. Tauhid.

“Motif-motif kain tenun akan kami pakai pada saat manggung nanti, ini bentuk apresiasi. Semoga wajah tenun Koloncucu bisa kembali berjaya dan menjadi trend gaya hidup anak muda lokal yang ada di Maluku Utara,” harap Eross.