Suasana Rapat Paripurna, DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (17/11/2022). Foto : Erlangga/TN.

 1,038 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – DPR RI mengesahkan Rancangan Undang-undang Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua Barat Daya menjadi Undang-undang. 

Dengan pengesahan itu, Ketua DPR RI Puan Maharani berharap Undang-Undang (UU) Pembentukan Papua Barat Daya, kesejahteraan masyarakat di Bumi Cenderawasih itu semakin meningkat.

Pengesahan UU tentang Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya dilakukan dalam Rapat Paripurna DPR yang digelar di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (17/11/2022). 

Puan hari ini, memimpin jalannya Rapat Paripurna DPR RI ke-10 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2022-2023 itu.

Mengawali Rapat Paripurna, Puan mengingatkan soal penyebaran Covid-19 yang kembali meningkat beberapa waktu belakangan ini. Ia pun mengimbau masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas.

“Sehingga potensi penularan menjadi berkurang dan kasus-kasus Covid-19 dapat kembali ditekan. DPR sampai saat ini masih tetap melaksanakan kegiatannya dengan menerapkan protokol kesehatan,” kata Puan.

Pengambilan keputusan terhadap RUU tentang Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya pun diawali dengan pembacaan laporan dari pimpinan Komisi II DPR RI. Kemudian Puan meminta persetujuan dari anggota dewan.

“Apakah RUU tentang Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya dapat disetujui dan disahkan menjadi UU?” ucap perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

“Setuju,” jawab anggota DPR RI serentak sambil bertepuk tangan.

Adapun Provinsi Papua Barat Daya akan mencakup Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Tambrauw, dan Kabupaten Maybrat. Provinsi baru ini akan memiliki ibu kota di Sorong.

Untuk diketahui, pemekaran Provinsi Papua Barat Daya dilakukan lantaran pembangunan manusia di daerah tersebut masih tertinggal. Puan berharap pembentukan Provinsi Papua Barat Daya akan mempercepat pembangunan di wilayah itu.

“DPR RI berharap pembentukan Provinsi Papua Barat Daya akan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. DPR mendukung UU ini agar ada pemerataan pembangunan di Papua,” ungkapnya.

“Infrastruktur di wilayah-wilayah yang mencakup Papua Barat Daya juga harus cepat dikembangkan untuk mendukung peningkatan kesejahteraan rakyat sehingga indeks pembangunan manusia di provinsi ini akan lebih maju,” sambung Puan.

Mantan Menko PMK ini juga mengatakan, pengesahan UU Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya akan mendukung kelancaran tahapan Pemilu Serentak 2024. Puan meminta Pemerintah cepat merampungkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) sebagai implikasi dari pembentukan sejumlah DOB Papua.

“Semoga pembentukan Provinsi baru di Papua akan meningkatkan sistem demokrasi kita dan membawa Indonesia semakin maju,” tuturnya.

Berita lain untuk anda

Polres Sorong Kota Sidak ke Apotek, Antisipasi Penumpukan Masker

 1,713 total views (dibaca)  1,713 total views (dibaca) Sorong, TN- Anggota Polres Sorong Kota, melakukan sidak ke…

BP Jamsostek Merauke Serahkan 435 Kartu Kepesertaan Petugas Sensus Kepada BPS

 1,465 total views (dibaca)  1,465 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Setelah sebelumnya BP Jamsostek atau BPJS…

GTRA Diminta Segera Tertibkan Sertifikat Bawah Tangan

 1,443 total views (dibaca)  1,443 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AIMAS – Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) diminta…

DPRD: Kami Menerima Pertanggungjawaban APBD Sulsel 2021

 3,708 total views (dibaca)  3,708 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Anggota DPRD Sulsel, Rahman Pina menegaskan,…

DPRD Maluku Setuju Jika UN Ditiadakan

 1,608 total views (dibaca)  1,608 total views (dibaca) Ambon, TN – DPRD Provinsi Maluku setuju, jika Ujian…

Cegah Penularan Covid-19, Pangdam XVIII/Kasuari Bagikan APD Ke Tukang Ojek

 1,454 total views (dibaca)  1,454 total views (dibaca) TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Cegah penularan Covid-19 di masa…

Perilaku Merokok Cenderung Meningkat Di Masa Pandemi COVID-19

 1,708 total views (dibaca)  1,708 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG -Dimasa pandemi Covid-19 kebijakan pemerintah untuk  membatasi…

Lantik Agustinus Rumbino Jabat Pjs Bupati Teluk Bintuni, Ini Pesan Gubernur

 1,583 total views (dibaca)  1,583 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,MANOKWARI– Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan menugaskan Kepala…

Wali Kota Gelar Diskusi Bersama DPRD Kota Ternate, Ini Hasilnya

 1,470 total views (dibaca)  1,470 total views (dibaca) Ternate, TN – Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman dan…

Keluarga Besar PCNU Kabsor Bagikan 400 Paket Bama ke Kaum Dhuafa dan Guru Honorer

 1,436 total views (dibaca)  1,436 total views (dibaca) Aimas, TN – Disaat kaum muslimin menjalani puasa ramadhan…