TNI AL Lancarkan Serbuan Vaksinasi Covid-19 Dari Pulau ke Pulau

Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHMRP., M.Tr.Opsla. saat meninjau pelaksanaan serbuan vaksinasi COVID-19 di pelelangan ikan jembatan puri, Kota Sorong. (Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONH – Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHMRP., M.Tr.Opsla., mengungkapkan, serbuan vaksinasi Covid-19 masyarakat maritim yang digelar satuan TNI Angkatan Laut wilayah Sorong, yakni Koarmada III, Lantamal XIV dan Pasmar 3 di Tempat Pelelangan Ikan Jembatan Puri, Sorong telah melebihi target 1000 orang.

Serbuan vaksinasi masyarakat maritim selanjutnya akan dilancarkan terhadap masyarakat yang berdomisil di pulau-pulau kecil yang tidak dapat dijangkau transportasi darat dan udara.

Rencana serbuan vaksin Covid-19 bagi masyarakat maritim yang berdomisili di pulau-pulau kecil wilayah timur Indonesia disampaikan Pangkoarmada III ketika meninjau serbuan vaksinasi Covid-19 masyarakat maritim hari kedua yang digelar di TPI Jembatan Puri, Sorong, Papua Barat, Rabu (7/7/2021).

Menurut Pangkoarmada III bahwa serbuan vaksin Covid-19 masyarakat maritim merupakan perintah Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., untuk membantu pemerintah mencegah penyebaran Covid-19 dengan melaksanakan vaksin Covid-19 secara massal dengan target 2 juta sehari.

“TNI Angkatan Laut totalitas dalam memerangi Covid-19 diwujudkan dengan mengerahkan seluruh Sumber Daya Manusia (SDM), dan peralatan yang memungkinkan untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19 hingga ke pulau-pulau terpencil dan terluar, ” ujar Pangkoarmada III.

Serbuan vaksinasi yang digelar Koarmada III dan jajaran berjalan lancar dan mendapat sambutan baik masyarakat di wilayah Maluku dan Maluku Utara serta Papua dan Papua Barat.

Selanjutnya, Koarmada III dan jajaran bersinergi dengan satuan TNI lainnya, Polri dan Pemerintah Daerah setempat akan melancarkan serbuan vaksin Covid-19 dari pula ke pulau.

“Secara teknis tenaga kesehatan dan pendukungnya serta seluruh peralatan diangkut menggunakan Kapal Perang RI atau KRI berlayar dari satu pulau ke pulau yang lain, sehingga masyarakat maritim yang berdomisili di pulau-pulau kecil juga dapat dengan mudah melaksanakan vaksin Covid-19, “pungkasnya.