Berita

TNI AL Laksanakan Serbuan Vaksinasi Dosis Kedua di Pulau Soop

×

TNI AL Laksanakan Serbuan Vaksinasi Dosis Kedua di Pulau Soop

Sebarkan artikel ini
Warga pulau Soop saat mengikuti vaksinasi TNI AL dosis kedua. (Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Serbuan lanjutan vaksinasi Covid-19 dosis kedua kembali digelar oleh Komando Armada (Koarmada) III terhadap masyarakat yang berdomisili di Pulau Soop, Sorong Kepulauan, Rabu (18/08/2021).

1559
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Sebelumnya, serbuan dosis pertama terhadap masyarakat yang bekerja sebagai nelayan itu digelar tanggal 18 Juli 2021 yang lalu.

Serbuan tersebut berlangsung seru, sejumlah prajurit dari Satuan TNI Angkatan Laut wilayah Sorong, yakni Koarmada III, Lantamal XIV, dan Pasmar 3 menempah perjalanan lewat laut selamat dua jam lebih awal guna mempersiapkan tempat, sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung yang dibutuhkan termasuk moda transportasi tenaga kesehatan dan masyarakat dari pulau ke pulau.

Para prajurit Koarmada III menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Tornado bertolak dari dermaga Koarmada III Katapop menuju Pulau Soop mengangkut sarpras, dan fasilitas pendukung yang dibutuhkan.

Sementara prajurit Lantamal XIV dan Pasmar 3 menggunakan KAL Pintar dan dua unit Sea Rider bertolak dari dermaga Lantamal XIV Sorong, juga membawa semua peralatan yang dibutuhkan, antara lain sejumlah unit komputer, meja dan kursi, tenda lapangan, genset dan sejumlah peralatan lainnya. Para prajurit berjibaku menggotong genset karena di pulau tersebut belum ada aliran lstrik.

Satu unit Sea Rider khusus mengangkut tenaga kesehatan, termasuk Vaksinator 50 orang dari Dermaga Lantamal XIV Sorong yang ditargetkan 500 orang tervaksin selama satu hari (Rabu 18 Agustus 2021), sesuai vaksinasi dosis pertama satu bulan yang lalu.

Menurut Pangkoarmada III bahwa sesuai perintah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dan arahan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E, M.M., Koarmada III terus melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 secara berkelanjutan, yakni dosis pertama dilanjutkan dosis kedua mulai perkotaan, pesisir, hingga pulau-pulau kecil di daerah yang sulit terjangkau.

“Tantangannya antara lain belum ada transportasi dan aliran listik serta jalan kampung belum terkoneksi dengan baik, transportasi belum ada, sehingga masyarakat yang akan mengikuti vaksin kita antar jemput menggunakan roda tiga,” ujarnya.

Pangkoarmada III menjelaskan, Pulau Soop merupakan salah satu Kampung Bahari Nusantara yang sudah dibina oleh Koarmada III, sehingga animo masyarakat mengikuti vaksin cukup tinggi. “Selanjutnya, Koarmada III berkoordinasi dengan satuan TNI lainnya dan Polri serta Pemerintah Daerah untuk melaksanakan vaksin bagi masyarakat yang belum vaksin,” ujarnya.

Koarmada III dan jajaran terus melancarkan serbuan vaksinasi masyarakat maritim secara masif, baik di perkotaan, pesisir, dan pulau-pulau kecil yang sulit dijangkau, yakni Guspurla dan Guskamla Koarmada III melaksanakan vasinasi di pulau-pulau kecil terpencil dan terluar menggunakan Kapal Perang RI, hari ini (Rabu) berada di Pulau Selaru Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku.

Sementara itu Lantamal dan Lanal jajaran Koarmada III, yakni Lantamal IX, Lantamal X Jayapura, Lantamal XI Merauke, serta Lanal Saumlaki, Lanal Morotai, Lanal Biak, Lanal Tual, Lanal Ternate, Lanal Timika, dan Lanal Aru melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 di wilayah kerjanya masing-masing.