Warga pulau Soop saat mengikuti vaksinasi TNI AL dosis kedua. (Foto:Ist/TN)

 2,653 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Serbuan lanjutan vaksinasi Covid-19 dosis kedua kembali digelar oleh Komando Armada (Koarmada) III terhadap masyarakat yang berdomisili di Pulau Soop, Sorong Kepulauan, Rabu (18/08/2021).

Sebelumnya, serbuan dosis pertama terhadap masyarakat yang bekerja sebagai nelayan itu digelar tanggal 18 Juli 2021 yang lalu.

Serbuan tersebut berlangsung seru, sejumlah prajurit dari Satuan TNI Angkatan Laut wilayah Sorong, yakni Koarmada III, Lantamal XIV, dan Pasmar 3 menempah perjalanan lewat laut selamat dua jam lebih awal guna mempersiapkan tempat, sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung yang dibutuhkan termasuk moda transportasi tenaga kesehatan dan masyarakat dari pulau ke pulau.

Para prajurit Koarmada III menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Tornado bertolak dari dermaga Koarmada III Katapop menuju Pulau Soop mengangkut sarpras, dan fasilitas pendukung yang dibutuhkan.

Sementara prajurit Lantamal XIV dan Pasmar 3 menggunakan KAL Pintar dan dua unit Sea Rider bertolak dari dermaga Lantamal XIV Sorong, juga membawa semua peralatan yang dibutuhkan, antara lain sejumlah unit komputer, meja dan kursi, tenda lapangan, genset dan sejumlah peralatan lainnya. Para prajurit berjibaku menggotong genset karena di pulau tersebut belum ada aliran lstrik.

Satu unit Sea Rider khusus mengangkut tenaga kesehatan, termasuk Vaksinator 50 orang dari Dermaga Lantamal XIV Sorong yang ditargetkan 500 orang tervaksin selama satu hari (Rabu 18 Agustus 2021), sesuai vaksinasi dosis pertama satu bulan yang lalu.

Menurut Pangkoarmada III bahwa sesuai perintah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dan arahan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E, M.M., Koarmada III terus melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 secara berkelanjutan, yakni dosis pertama dilanjutkan dosis kedua mulai perkotaan, pesisir, hingga pulau-pulau kecil di daerah yang sulit terjangkau.

“Tantangannya antara lain belum ada transportasi dan aliran listik serta jalan kampung belum terkoneksi dengan baik, transportasi belum ada, sehingga masyarakat yang akan mengikuti vaksin kita antar jemput menggunakan roda tiga,” ujarnya.

Pangkoarmada III menjelaskan, Pulau Soop merupakan salah satu Kampung Bahari Nusantara yang sudah dibina oleh Koarmada III, sehingga animo masyarakat mengikuti vaksin cukup tinggi. “Selanjutnya, Koarmada III berkoordinasi dengan satuan TNI lainnya dan Polri serta Pemerintah Daerah untuk melaksanakan vaksin bagi masyarakat yang belum vaksin,” ujarnya.

Koarmada III dan jajaran terus melancarkan serbuan vaksinasi masyarakat maritim secara masif, baik di perkotaan, pesisir, dan pulau-pulau kecil yang sulit dijangkau, yakni Guspurla dan Guskamla Koarmada III melaksanakan vasinasi di pulau-pulau kecil terpencil dan terluar menggunakan Kapal Perang RI, hari ini (Rabu) berada di Pulau Selaru Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku.

Sementara itu Lantamal dan Lanal jajaran Koarmada III, yakni Lantamal IX, Lantamal X Jayapura, Lantamal XI Merauke, serta Lanal Saumlaki, Lanal Morotai, Lanal Biak, Lanal Tual, Lanal Ternate, Lanal Timika, dan Lanal Aru melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 di wilayah kerjanya masing-masing.

Berita lain untuk anda

Empat Konsensus Kebangsaan Disosialisasikan di Kabupaten Jayapura

 2,592 kali dilihat 2,592 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Politikus Partai NasDem, H. Sulaeman L. Hamzah…

AJI Ambon Serukan Jurnalisme Damai Untuk Bentrok Ori-Kariuw

 2,670 kali dilihat 2,670 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Ambon menyerukan…

Menyedihkan, Kota Sorong Dikepung Jalanan Berlubang

 2,790 kali dilihat 2,790 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Masyarakat kota Sorong harus lebih berhati- hati…

Yonif 511/DY Badak Hitam Patroli Patok Perbatasan RI-PNG

 20,789 kali dilihat 20,789 kali dilihat TEROPONGENEWS.COM, MERAUKE – Sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas)…

HUT ke-353 Provinsi Sulsel Akan Diwarnai Kirab Pelajar dan Anti Mager

 2,301 kali dilihat 2,301 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT)…

Keluarga PDP Covid-19 di Ternate Diberi Bantuan

 2,565 kali dilihat 2,565 kali dilihat Ternate, TN – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona (Covid-19)…

Tim Puslitbang Mabes Polri Lakukan Penelitian e-MP di Polres Sorong

 2,673 kali dilihat 2,673 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AIMAS – Tim Puslitbang Mabes Polri, Selasa (11/8/2020) siang…

Siap-siap, 4 Kabupaten di Papua Ini Akan Difokuskan pada Pariwisata dan Investasi

 3,710 kali dilihat 3,710 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)…

Teluk Berau dan Teluk Nusalasi Van Den Bosch Resmi Jadi Kawasan Konservasi

 2,897 kali dilihat 2,897 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, FAKFAK –  Pulau di Teluk Berau dan Teluk Nusalasi-Van…

Telkomsel Serahkan Bantuan Fasilitas Pendidikan di Wilayah 3T di Sorong

 4,696 kali dilihat 4,696 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia…