Tinjau Pembersihan Sampah di Mardika, Ini Permintaan Pj Wali Kota Ambon

Penjabat (Pj) Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, saat melakukan tinjauan lapangan terhadap sampah yang menumpuk di Pasar Mardika, Rabu (25/5/2022). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Penjabat (Pj) Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena memulai tugasnya, dengan melakukan tinjauan lapangan terhadap sampah yang menumpuk di Pasar Mardika, Rabu (25/5/2022).

Dibawah guyuran hujan, didampingi Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse bersama para pimpinan OPD terkait, Pj Wali Kota Ambon turut memantau proses pembersihan tumpukan sampah yang menurut informasi dari masyarakat, sudah lima hari tidak diangkut truk sampah milik Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon.

Disela-sela peninjauan, Pj Wali Kota Ambon mengatakan, terjadinya tumpukan sampah ini, karena ada kendala teknis dari dinas.

“Sampah yang tertimbun, dan sudah lima hari tidak diangkut, karena kendala teknis yang dialami dalam proses pembersihan sampah di kota Ambon. Tapi dengan kondisi yang kita lihat saat ini tindak lanjut yang cepat, kita berharap timbunan sampah tidak lagi terjadi di kota Ambon,” harap dia.

Menurutnya, masalah persampahan menjadi salah satu prioritas untuk dibenahi. Olehnya itu, dibutuhkan dukungan dari masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, sesuai dengan waktu yang ditentukan.

“Dalam hal ini kita butuh dukungan masyarakat untuk membuang sampah tepat waktu pada TPS yang ditentukan. Kami dari Pemerintah Kota Ambon menjamin akan mengangkut sampah yang dibuang oleh masyarakat pada tempatnya sesuai waktu, dan jadwal yang dibuat,” ujar Pj Wali Kota.

Dikatakan, kendala teknis dalam proses penanganan sampah di Kota Ambon diantaranya, kurangnya armada pengangkut sampah. Tetapi itu, lanjut dia, bukan berarti menjadi alasan bagi pemerintah untuk membiarkan sampah menumpuk.

“Volume sampah tidak sama pada tiap lokasi, kalau volume sedikit, armada bisa dialihkan pada yang volume sampahnya tinggi, secara teknis akan kita atur kembali jalur mobil sampah,” ujarnya.

Pj Wali Kota berharap, kejadian seperti ini di waktu kedepan tidak akan terulang kembali. Untuk itu, dia meminta dukungan dari masyarakat atas program kerja yang dilaksanakan Pemkot Ambon.

“Selaku pemerintah kami meminta maaf kepada masyarakat di sekitar sini, para pedagang di pasar dan terminal Mardika, yang terganggu aktivitasnya akibat timbunan sampah,” tandasnya.