Berita

Tingkatkan Pemahaman Wartawan Membaca Data Statistik, BPS Kota Sorong Gelar Workshop

×

Tingkatkan Pemahaman Wartawan Membaca Data Statistik, BPS Kota Sorong Gelar Workshop

Sebarkan artikel ini
Workshop wartawan yang digelar BPS Kota Sorong di Kyriad hotel Sorong. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG -Dalam rangka menyambut hari Statistik Nasional 2021, Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Sorong menggelar kegiatan workshop bersama wartawan.

Whorshop tersebut digelar di Kyriad hotel Sorong, Rabu (22/9/2021) dan diikuti oleh wartawan dari media cetak, elektronik, maupun online yang ada di Sorong.

Kepala BPS kota Sorong, Ir. Merry, M.P dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan Workshop wartawan yang diselengarakan merupakan salah satu agenda BPS yang sangat penting, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait data dan kegiatan statistik.

4940
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Workshop ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada kita semua, untuk semakin baik dan lebih mendalam terhadap data-data strategis yang dihasilkan oleh BPS. Sehingga ke depan, data-data tersebut dapat dipahami dan dimanfaatkan secara baik oleh pengguna data,”jelas Merry.

Dikatakan Merry, sebagai badan yang memiliki tupoksi dalam menyediakan data statistik resmi untuk pemerintah, BPS setiap tahunnya selalu mengumpulkan data untuk diolah, dianalisis, dan dirilis kepada publik.

“BPS juga menghasilkan data inflasi yang setiap bulan kami rilis. Selain menghasilkan data inflasi, BPS juga menghasilkan data kemiskinan, pengangguran, dan pertumbuhan ekonomi wilayah, angka-angka ini selalu ditunggu oleh pemerintah kota. Jika angkanya bagus, mungkin pemerintah juga akan senang tetapi jika angkanya kurang bagus mungkin ada program-program yang perlu dilakukan pemantauan dan evaluasi terhadap sasaran-sasaran yang dicapai, “ucap Merry.

Disamping itu, kata Merry, mengenai isu-isu yang berkembang di masyarakat terkait dengan data yang dihasilkan oleh BPS, wartawan mempunyai peran penting dalam mengolah informasi dan diberitakan kepada masyarakat secara berimbang dan sesuai fakta.

“Kami sangat menyambut baik, apabila bapak ibu ingin mengonfirmasi isu-isu terkait dengan data yang ada, sehingga masyarakat atau publik akan makin memperoleh edukasi yang baik mengenai peran data dan bagaimana data itu dimaknai secara benar, ” imbuhnya.

Merry juga menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada wartawan, atas dukungan dan kerjasama yang terjalin selama ini dalam menyebarluaskan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh BPS, termasuk data-data yang sudah dipublikasikan oleh BPS.

“Kedepan, kami tetap mengharapkan kolaborasi yang baik antara wartawan dengan kami di BPS untuk meliput, dan menyajikan data dengan fakta yang berimbang terutama yang terkait dengan indikator dan data statistik yang dihasilkan oleh BPS, “terang Merry.

Di akhir sambutan, Merry juga menyampaikan bahwa BPS kota Sorong berkomitmen penuh dalam memberikan pelayanan publik melalui penyajian data yang berkualitas, sebagai bagian dari implementasi zona integritas institusi BPS kota Sorong menuju satuan kerja Wilayah Bebas Korupsi (WBK), dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) .