Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Papua Barat, Dr Roberth Hammar,S.H.,M.Hum,M.M ( doc. TN)

 2,664 kali dilihat

Manokwari,TN- Tim kuasa hukum Pemerintah Provinsi Papua Barat (Pemprov PB) mempolisikan pelaku penghina Gubernur, Drs Dominggus Mandacan lewat media sosial (Medsos) facebook pasca kejadian pemalangan Bandara Rendani Manokwari.

Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Papua Barat, Dr Roberth Hammar,S.H.,M.Hum.,M.M dikonfirmasi awak media, Jumat (10/4) membenarkan langkah hukum yang ditempuh akibat dugaan tindak pidana penghinaan terhadap kepala daerah.

Hal ini berkaitan dengan kebijakan Gubernur Papua Barat terkait lockdown, sebenarnya bukan keputusan sepihak kepala daerah tetapi diputuskan dalam rapat bersama forkpimda sehingga masyarakat ada yang setuju dan tidak setuju.

“Itu hal biasa saja kalau perbedaan pendapat tetapi tidak biasa itu kalau dibarengi dengan maki-makian, penghiaan dan berbagai hal yang tidak layak sekali ditujukan kepada Gubernur, ingat bahwa keputusan yang diambil bukan kebijakan pribadi Dominggus Mandacan tetapi musyawarah untuk mufakat melalui proses jadi tidak seharusnya dilakukan penghinaan seperti itu” tegas Karo Hukum.

Lanjut Roberth Hammar, jika pelaku penghina Gubernur itu mengkritisi dalam hal yang wajar dan merupakan masukan bagi pemerintah daerah maka dapat diterima untuk perbaikan proses pemerintahan kedepan.

Jadi sambung Hammar, tim kuasa hukum yang dipimpinnya beranggotakan, Yan Christian Warinussy,S.H., Cosmas E Refra,S.H.,M.H dan Biro Hukum terus melakukan tindakan hukum supaya dapat memberikan efek jerah bagi para pelaku penghina Gubernur Papua Barat itu.

Dia mengatakan, sejumlah data dari para pelaku sudah dikantongi sehingga memberikan kuasa kepada anggota tim kuasa hukum yakni, Yan Christian Warinussy,S.H dan Cosmas E Refra,S.H.,M.H untuk melakukan laporan polisi di Polda Papua Barat.

Tim kuasa hukum Gubernur Papua Barat, Yan Christian Warinussy dan Cosmas E Refra melaporkan akun facebook berinsial DS dan QV di Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Papua Barat dengan yang dibuktikan dengan laporan polisi Nomor : LP/ 74/ IV/ 2020/ Papua Barat/ SPKT, tanggal 08 April 2020.

Kedua akun facebook ini diduga melakukan tindak pidana pencemaran nama baik Gubernur Papua Barat melalui media sosial (Medsos) dan akan dijerat dengan pasal pasal 310 dan 311 kitab undang-undang hukum pidana (KUHP) junto pasal 27 UU RI nomor 11 tahun 2008 tentang informasi transaksi elektronik (ITE).

“Kami berharap pihak Polda Papua Barat khususnya Direktorat Kriminal khusus Subdit Cyber dapat segera mengetahui dan menangkap pelaku penghina Kepala Daerah Papua Barat tersebut” kata Yan Warinussy sembari memastikan bahwa prosedur hukum kasus ini akan dilakukan secara baik dan adil demi tegaknya supermasi hukum.

Berita lain untuk anda

DPD II Partai Golkar Merauke Bagikan 1.000 Paket Beras Kepada Masyarakat

 2,724 kali dilihat 2,724 kali dilihat Merauke, TN – DPD II Partai Golongan Karya (Golkar) Merauke…

Pabrik Pembuatan Kasur Di Kota Sorong Ludes Terbakar

 2,691 kali dilihat 2,691 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Gudang pabrik Pembuatan kasur milik PT. Inka…

Karya Bakti Skala Besar, Akses Air Bersih Bagi Masyarakat Jadi Perhatian Aster Panglima TNI 

 5,170 kali dilihat 5,170 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, HALBAR – Komando Resort Militer (Korem) 152 Babullah Ternate,…

Kepala Kantor Kementrian Agama Papua Barat : Jadikan Alquran Sebagai Pedoman Hidup

 2,920 kali dilihat 2,920 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG SELATAN- Kepala Kantor Kementrian Agama provinsi Papua Barat,…

Syafruddin Sabonama : Lambert Jitmau Pemimpin Yang Tidak Tumbang Dalam Kondisi Apapun

 2,703 kali dilihat 2,703 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Sebanyak lima fraksi sebagai alat kelengkapan Dewan…

PLT Gubernur Sulsel Beri Kesaksian di Pengadilan

 2,461 kali dilihat 2,461 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Pelaksana Tugas (PLT) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel),…

Rayakan HUT ke-29 SMANSA Ayamaru, Alumni Sumbang Satu Ruang Guru

 2,661 kali dilihat 2,661 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT- Keluarga besar pelajar dan alumni SMA Negeri 1…

Kasus DBD Hingga Maret 2020 Meningkat 46 Kasus

 2,862 kali dilihat 2,862 kali dilihat Kaiman, TN-Kasus Demam Berdarah Dangue (DBD) dikabupaten Kaimana, pada bulan…

BPBD Kota Ternate Keluarkan Peringatan Dini

 2,686 kali dilihat 2,686 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat cuaca…

Warga Boven Digoel Keracunan Makanan

 9,765 kali dilihat 9,765 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, BOVEN DIGOEL – Warga Kampung Persatuan, Distrik Mandobo, Kabupaten…