Tiga Penekanan Bagi Imigrasi Seluruh Indonesia di Hari Bhakti ke-73

Upacara peringati Hari Bhakti ke-73 Imigrasi tahun 2023 di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Merauke.Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Di puncak Hari Bhakti ke-73 Imigrasi tahun 2023, seluruh jajaran Imigrasi RI ditekankan tiga G yakni Gerak Cepat, Gas Full dan Gerak Bersama.

Tiga G ini dimaksudkan pelayanan Imigrasi diharapkan semakin dan lebih baik lagi dari waktu ke waktu dalam melayani masyarakat sebagaimana tema Hari Bhakti tahun 2023 adalah ‘Imigrasi Baru Untuk Indonesia Semakin Maju.’

“Kami dituntut bekerja lebih keras lagi di tahun ini,” ujar Kepala Imigrasi Kelas II TPI Merauke, R. Saragih usai upacara Hari Bhakti di Halaman kantor Imigrasi Merauke, Kamis (26/1/2023).

Khusus staf yang bertugas di wilayah perbatasan negara diimbau lebih giat bekerja dan tidak meninggalkan tempat tugas. Penekanan yang sama kepada staf yang bekerja di Kantor Imigrasi Merauke agar merubah pola pikir untuk lebih kreatif, lebih cepat dan tepat dalam menjalankan tugas dan fungsi.

Terobosan yang sudah dilakukan Imigrasi adalah melayani easy paspor dengan sistem jemput bola kepada masyarakat atau pemohon. Caranya, masyarakat mengumpulkan berkasnya secara kelompok dan melapor ke petugas Imigrasi untuk diambil dan dilakukan proses pengurusan secara kolektif.

“Mumpung harga masih normal Rp 350.000 per orang dengan masa berlaku 10 tahun untuk orang dewasa dan 5 tahun untuk anak-anak,” ajak Saragih.

Ada juga program cepat atau paspor kilat yang bisa diselesaikan dalam waktu satu hari dengan biaya PNPP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) sebesar Rp 1.000.000.