Tiga Duta Kosmetik Aman Kota Sorong Terpilih, Siap Edukasi Masyarakat

Tiga pelajar yang terpilih menjai duta kosemtik aman kota Sorong. (Foto: Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Kabupaten Sorong mengadakan pemilihan duta kosmetik aman kota Sorong tahun 2022, dengan melibatkan duta dari sekolah-sekolah dan perguruan tinggi di wilayah Sorong.

Dari 16 duta, 3 orang terpilih menjadi duta kosmetik aman 2022. Pemilihan itu berlangsung di Rylich Panorama Hotel Kota Sorong, Selasa (14/6/2022).

Kepala Loka POM Kabupaten Sorong , Riyanto, S.Farm., Apt., M.Se., menjelaskan, nantinya para juara yang terpilih akan memberikan edukasi kepada masyarakat Sorong Raya terkait penggunaan kosmetik yang baik.

“Mereka yang terpilih akan memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana menggunakan kosmetik yang baik. Kosmetik yang baik itu ada izin edarnya, tidak mengandung bahan berbahaya dan sudah mendapatkan izin dari Badan POM,”jelas Riyanto.

Hal itu dilatarbelakangi karena wilayah Sorong masih terdapat produk-produk kosmetik yang tidak ada izin edarnya, bahkan ada yang palsu. Baik dijual secara online maupun offline.

“Itu yang kami lihat di lapangan, sehingga ada inisiatif secara serempak kita melakukan kegiatan pemilihan duta kosmetik ini dari anak-anak sekolah dan juga mahasiswi. Mereka akan kita latih nanti, berikutnya akan kita ikutkan untuk mempromosikan kosmetik aman di wilayah Sorong raya,”terang Riyanto.

Riyanto menuturkan, duta-duta kosmetik tersebut sudah diseleksi dari beberapa sekolah dan kampus, dan tentunya sudah diberi edukasi dan materi pembelajaran.

“Harapannya mereka ini nanti akan menyebarkan lagi kepada lingkungannya, sekolahnya, kampusnya, dan nanti kita ajak di forum-forum yang lebih besar, baik itu seminar, media, radio maupun podcast,”tuturnya.

Selain itu, Duta yang terpilh juga harus aktif di media sosial (medsos) seperti Instagram Facebooknya dalam melakukan kampanye kosmetik yang baik dan aman.

Lidya Putri Prasetyaningtyas pemenang duta kosmetik aman 2022 di kota Sorong. (Foto:Mega/TN)

Sementara itu, Lidya Putri Prasetyaningtyas pemenang duta kosmetik aman 2022 di kota Sorong mengaku senang bisa terpilih menjadi juara.

Mahasiswi teknik kimia Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Sorong ini mengaku siap untuk mengemban tugas sesuai dengan gelar yang disandang.

“Dari awal sempat terlambat pendaftaran, tapi Puji Tuhan masih dapat kesempatan buat gabung dan meraih juara 1. Semoga kedepannya saya bisa bertanggungjawab atas gelar yang sudah disandang,”pungkasnya.