Tiga pelajar yang terpilih menjai duta kosemtik aman kota Sorong. (Foto: Mega/TN)

 1,261 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Kabupaten Sorong mengadakan pemilihan duta kosmetik aman kota Sorong tahun 2022, dengan melibatkan duta dari sekolah-sekolah dan perguruan tinggi di wilayah Sorong.

Dari 16 duta, 3 orang terpilih menjadi duta kosmetik aman 2022. Pemilihan itu berlangsung di Rylich Panorama Hotel Kota Sorong, Selasa (14/6/2022).

Kepala Loka POM Kabupaten Sorong , Riyanto, S.Farm., Apt., M.Se., menjelaskan, nantinya para juara yang terpilih akan memberikan edukasi kepada masyarakat Sorong Raya terkait penggunaan kosmetik yang baik.

“Mereka yang terpilih akan memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana menggunakan kosmetik yang baik. Kosmetik yang baik itu ada izin edarnya, tidak mengandung bahan berbahaya dan sudah mendapatkan izin dari Badan POM,”jelas Riyanto.

Hal itu dilatarbelakangi karena wilayah Sorong masih terdapat produk-produk kosmetik yang tidak ada izin edarnya, bahkan ada yang palsu. Baik dijual secara online maupun offline.

“Itu yang kami lihat di lapangan, sehingga ada inisiatif secara serempak kita melakukan kegiatan pemilihan duta kosmetik ini dari anak-anak sekolah dan juga mahasiswi. Mereka akan kita latih nanti, berikutnya akan kita ikutkan untuk mempromosikan kosmetik aman di wilayah Sorong raya,”terang Riyanto.

Riyanto menuturkan, duta-duta kosmetik tersebut sudah diseleksi dari beberapa sekolah dan kampus, dan tentunya sudah diberi edukasi dan materi pembelajaran.

“Harapannya mereka ini nanti akan menyebarkan lagi kepada lingkungannya, sekolahnya, kampusnya, dan nanti kita ajak di forum-forum yang lebih besar, baik itu seminar, media, radio maupun podcast,”tuturnya.

Selain itu, Duta yang terpilh juga harus aktif di media sosial (medsos) seperti Instagram Facebooknya dalam melakukan kampanye kosmetik yang baik dan aman.

Lidya Putri Prasetyaningtyas pemenang duta kosmetik aman 2022 di kota Sorong. (Foto:Mega/TN)

Sementara itu, Lidya Putri Prasetyaningtyas pemenang duta kosmetik aman 2022 di kota Sorong mengaku senang bisa terpilih menjadi juara.

Mahasiswi teknik kimia Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Sorong ini mengaku siap untuk mengemban tugas sesuai dengan gelar yang disandang.

“Dari awal sempat terlambat pendaftaran, tapi Puji Tuhan masih dapat kesempatan buat gabung dan meraih juara 1. Semoga kedepannya saya bisa bertanggungjawab atas gelar yang sudah disandang,”pungkasnya.

Berita lain untuk anda

Libatkan Ribuan Orang Saat Senam Sicita, PDIP Pecahkan Rekor MURI

 1,612 total views (dibaca)  1,612 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar…

PJ Wali Kota Ternate Menjalani Vaksinasi

 437 total views (dibaca)  437 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Penjabat (Pj) Wali Kota Ternate, Hasyim…

Unik dan Kreatif, Beginilah Cara Warga Sorong Mengantri di Tengah Pandemi Covid-19

 480 total views (dibaca)  480 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Ada yang terlihat unik saat melakukan antrian…

Kantongi Dua Rekomendasi, Thie-Furuada Siap Daftar ke KPUD

 458 total views (dibaca)  458 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, KAIMANA – Pasangan Fredy Thie dan Hasbullah Furuada,…

Bodewin Wattimena Jabat Sekretaris DPRD Maluku Definitif

 411 total views (dibaca)  411 total views (dibaca) Ambon, TN – Pelaksana Tugas (PLT) Sekretaris DPRD Provinsi…

Wali Kota dan Wawali Rayakan Natal Bersama ASN Pemkot Ambon

 394 total views (dibaca)  394 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Natal tahun 2021 menjadi Natal yang…

Pemkot Kupang Diminta Tambah Anggaran Penghijauan

 478 total views (dibaca)  478 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, KUPANG – Pakar Lahan Kering Universitas Kristen Artha…

Polda Malut Pastikan Vaksin Covid-19 Aman

 413 total views (dibaca)  413 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut)…

Miras, Rokok, Hingga Sex Toys di Sorong Dimusnahkan

 418 total views (dibaca)  418 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Tim gabungan yang terdiri Kanwil Bea…

Pria Ini Histeris Hingga Memeluk Petugas Saat Divaksin

 457 total views (dibaca)  457 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Sebagai dampak ditetapkannya kota Sorong sebagai…