Tiba di Saumlaki, Presiden Jokowi Disambut Gubernur Maluku

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Kamis (1/9/2022) sore. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Kamis (1/9/2022) sore. Tiba di Bandara Udara Mathilda Batlayeri, Saumlaki, Presiden Jokowi disambut Gubernur Maluku, Murad Ismail beserta Ibu Widya Pratiwi Murad.

Menggunakan pesawat khusus ATR 72-500, Presiden mendarat sekitar pukul 17.30 WIT, setelah melakukan perjalanan dari Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

Saat turun dari pesawat, Presiden Jokowi beserta ibu negara Iriana Jokowi dikalungkan kain tenun khas Tanimbar oleh salah satu penari dari Sanggar Tari Malisngorar. Kepala negara juga disambut suguhan Tarian selamat datang di Bumi Duan Lolat.

Nampak, pejabat negara yang turut mendampingi Presiden di KKT diantaranya Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia.

Sederet pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Fokompinda) Maluku yang menyambut kedatangan Presiden diantaranya, Kapolda Maluku Irjen. Pol. Lotharia Latif dan Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen Ruruh Aris Setyawibawa, Penjabat Bupati KKT Daniel. E. Indey, Forkopimda KKT serta sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemerintah Provinsi Maluku dan Pemkab KKT.

Dijadwalkan, pada Jumat (2/9/2022), Presiden Jokowi akan melakukan peninjauan Pasar Olilit dan penyerahan bantuan minyak goreng kepada peserta Program Keluarga Harapan (PKH), dimana penanggung jawab dari Kementerian Sosial/Provinsi/Kabupaten, penyerahan bantuan kepada Pedagang Kaki Lima dengan penanggung jawab TNI / Polri.

Pada kesempatan itu, Presiden juga akan menyerahkan bantuan pribadinya kepada 100 pedagang basah di pasar berupa bantuan tunai (Modal kerja) .

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan peninjauan ke Kantor Pos dan lokasi proyek II Kementerian PUPR (Optimalisasi SPAM Wormomolin). Selama berada di Saumlaki, Presiden juga dijadwalkan melaksanakan sholat berjamaah di Masjid Baiturrahman.