Theresia Mahuze Sebut Desember 2021 Tidak Ada Perubahan DPB

Rapat koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan 2022 di KPU Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Data Pemilihan Berkelanjutan (DPB) untuk Bulan Desember 2021 tidak mengalami perubahaan yakni masih pada angka 139.869 sama dengan data Bulan November. Hal ini disampaikan Ketua KPU Merauke, Theresia Mahuze saat rapat pleno yang digelar pada Jumat (4/2/2022).

Rapat pembahasan DPB ini dilakukan secara rutin setiap bulan untuk mengupdate data terbaru. Diikuti dari TNI, Polri, Parpol, Bawaslu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Merauke serta para pihak lainnya.

“Kami sebagai pengguna data menyampakan untuk bulan Desember belum ada penambahan,” ujar Theresia di KPU Merauke.

Alasan belum ada penambahan karena pertama dari Disdukcapil Merauke punya aturan baru yakni hanya bisa mengupdate data setiap enam bulan. Selain itu, pihak KPU juga berharap ada kontribusi dari TNI, Polri untuk menyampaikan data keluarganya yang berusia 17 tahun atau data yang sudah pensiun supaya mereka dapat mengikuti Pemilu 2024 nanti.

Begitu pula dengan partai politik juga diminta berperan aktif melakukan pendataan serupa. Sebab terkait data pemilih berkelanjutan ini selalu dilakukan uji petik oleh pihak Bawaslu Merauke setiap tiga bulan. Dan dalam waktu dekat ini Bawaslu Merauke akan melakukan uji petik data di RT, RSUD, Lapas Kelas IIB Merauke, Pengadilan Negeri dan Disdukcapil.

“Data ini sangat penting, karena untuk Pemilu 2024, tahapannya sudah harus kita laksanakan Bulan Agustus 2022. Agenda yang sudah dipersiapkan yakni verifikasi partai sudah dimulai pendaftaran dari tanggal 1-7 Agustus. Tahapan lain pendataan Dapil pada Januari 2023, sedangkan Juni 2022 ini sudah persiapan anggaran, sosialisasi dll,” beber Theresia.

Untuk itu ia harapkan agar Pemerintahan Kabupaten melalui distrik membantu membackup data pemilih melalui RT/RW. Karena masih banyak masyarakat tidak melapor ketika ada keluarga meninggal maupun masuknya warga baru. Hal yang sama juga dilakukan di perusahaan yang di Merauke menyangkut perkembangan jumlah karyawannya.