Ternyata Papua Barat Masih Lebih Baik Dalam Penanganan Covid-19

Suasana rapat kordinasi bersama gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 secara virtual dengan bupati dan walikota se Papua Batat. Foto istimewa/TN.

TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI- Penanganan percepatan pandemi corona virus desiase (Covid-19) di Papua Barat untuk sementara cukup berhasil. Demikian disampaikan ketua gugus tugas (Gustu) Nasional, Doni Monardo, dalam kunjungan kerja bersama Menko PMK di Manokwari Papua Barat.

Dikatakan, jumlah kasus positif C-19 di Papua Barat tidak sebanyak daerah lain dengan tingkat kesembuhan yang tunggi, namun tingkat kematiannya juga cukup rendah.

“Angka kematian akibat Covid-19 itu pun rendah, hanya empat orang atau satu koma lima persen dari total kasus yang positif,” ujarnya dalam rapat koordinasi virtual bersama Gustu se-Papua Barat di Manokwari, Selasa (7/7/2020).

Ia juga menegaskan, provinsi Papua Barat juga bisa mempertahankan empat daerah yang sampai saat ini masih berada pada zona merah C-19, diantaranya, Sorong Selatan, Arfak, Tambrauw dan kabupaten Maybrat.

Sedangkan untuk daerah yang sedang menuju zona merah ke zona hijau adalah kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) dan kabupaten Teluk Bintuni (Telbin).

Ketua Badan Nasional Pennggulangan Bencana (BNPB) ini berharap, kedepan penanganan Covid-19 di Papua Barat harus menjadi contoh kepada daerah-daerah lain, karena dinilai cukup berhasil dalam mengendalikan C-19.

Melalui rapat kordinasi secara virtual bersama bupati dan wali kota se-Papua Barat itu, Doni Monardo menitipkan pesan kepada seluruh warga masyarakat di Papua Barat agar menjaga kesehatan, menjalankan protokol kesehatan serta menjag imun tubuh untuk menghindari penyebaran Covid-19.