Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena. Foto-Ist/TN

 1,038 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena menyampaikan aspirasi pemerintah dan masyarakat Kota Ambon kepada Staf Khusus (Stafsus) Presiden RI, Billy Mambrasar. Hal disampaikan dalam acara jamuan makan di Kediaman Wali Kota Ambon, Selasa (28/6/2022) malam.

Wattimena dalam sambutannya mengatakan, salah satu persoalan yang dihadapi Kota Ambon saat ini adalah, masalah sampah.

“Terkait dengan persoalan sampah, saya minta kebijakan dari pemerintah pusat, sudi kiranya membantu kami, untuk meringankan beban kami soal sampah,” kata dia.

Menurutnya, persoalan sampah yang dihadapi Ambon bukan saja di darat, melainkan di Teluk Ambon, yang dulunya dikenal indah dan menjadi lumbung perikanan tangkap.

“Namun kondisi sekarang Teluk Ambon tidak seindah dulu, pertambahan penduduk berpengaruh pada kondisi Teluk Ambon. Kalau dulu kita mancing, turunkan umpan tidak lama dapat ikan, sekarang kita tarik sampah, kira-kira itu kondisi Teluk Ambon saat ini,” ungkap Wattimena.

Dia mengaku, Presiden RI, Joko Widodo, dalam kunjungannya ke Kota Ambon beberapa waktu lalu turut mengagumi indahnya teluk Ambon.

“Saya ingat bahwa ketika Bapak Presiden Jokowi mengujungi Ambon, beliau katakan Teluk Ambon ini adalah teluk yang indah, jika pemerintah kota bikin apa saja, pemerintah pusat akan turut membantu. Sebab itu kami sampaikan, ada banyak persoalan teluk ini yang akan kita benahi, karena teluk ini sebagai beranda kota Ambon,” ujar Wattimena.

Selain sampah, kemacetan juga menjadi masalah urgen yang harus ditangani. Untuk itu Pemkot berencana membangun jalan alternatif disepanjang pantai Mardika, agar dapat mengurai kemacetan lalu lintas.

“Persoalan kemacetan disebabkan karena jalan hanya satu. Oleh karena itu, kita bangun jalan alternatif sepanjang laut di kawasan Pasar Mardika, untuk mengurai kemacetan di Batu Merah,” tegas dia.

Lebih lanjut Wattimena menambahkan, pembangunan jalan alternatif tersebut sangat membantu pemerintah dan kepolisian dari sisi kamtibmas. Misalnya saja, ketika ada gejolak yang terjadi di kawasan Batu Merah, masih tersedia jalan alternatif untuk masuk dan keluar ke pusat kota.

“Kita akan bicarakan hal itu dengan Kementerian PUPR, namun mendahuluinya kami mohon bantuan dari Stafsus Presiden untuk dapat diwujudkan di tahun depan. Mudah-mudahan dengan kapasitas bapak sebagai orang kepercayaan presiden, rencana ini dapat terlaksana,” harap Wattimena.

Sementara itu, Stafsus Presiden RI, Billy Mambrasar mengaku, dirinya ditugaskan dalam tanggung jawab menangani masalah pendidikan, inovasi dan pembangunan daerah terluar dengan area kerja wilayah Aceh, Maluku, Papua, dan NTT.

“Sebagai stafsus kami diharapkan untuk blusukan, untuk melihat berbagai persoalan di daerah, terkait bidang tugas masing-masing. Jika ada informasi dan solusi yang dapat dikerjakan bersama, saya sampaikan kepada presiden, kemudian presiden akan memberikan arahan kepada kementerian terkait,” jelasnya.

Menurut Mambrasar, saat ini ada sejumlah program yang tengah dikerjakannya, yakni penciptaan petani nillenial, pembangunan Papua dan Maluku Creative Hub, pendirian pusat-pusat belajar informal, Manajemen Talenta Nasional, dan Policy Boot Camp.

Berita lain untuk anda

Gubernur Sulsel Akan Segera Tentukan Nama Pjs

 669 total views (dibaca)  669 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah…

Pemkot Ambon Terima Penghargaan DataGovAI ABDI

 662 total views (dibaca)  662 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Penghargaan yang diraih Pemerintah Kota (Pemkot)…

Hasto: Yang Mengusulkan Tambah Masa Jabatan, Mereka yang Mau Menampar Wajah dan Mencari Muka ke Pak Jokowi

 784 total views (dibaca)  784 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA– Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto…

5M Cara Terbaik Cegah Penyebaran Covid-19

 790 total views (dibaca)  790 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SAMARINDA – Berkaca adanya ledakan kasus Covid-19 diakhir…

Orang Asli Papua Ikuti Pelatihan Disiplin Sebelum Bekerja Di Perusahaan

 818 total views (dibaca)  818 total views (dibaca) Merauke, TN – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker…

Dugaan Mark Up Anggaran Kantor Bawaslu Kabsor Diincar Polisi, Begini Fakta Kejanggalannya

 645 total views (dibaca)  645 total views (dibaca) Aimas, TN – Dugaan penggelembungan (mark up) anggaran sewa…

Papua Barat Tuan Rumah Kunjungan Anggota W20, Kominfo Siap Tingkatkan Layanan Telekomunikasi

 776 total views (dibaca)  776 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Provinsi Papua Barat ditetapkan sebagai salah satu…

Pemkot Sorong Gelar Apel Kesiapsiagaan, Antisipasi Bencana Alam

 712 total views (dibaca)  712 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Pemerintah Kota (Pemkot) Sorong, Jumat (22/1/2021),…

6,8 Kilogram Ganja Diamankan di Pelabuhan Sorong

 815 total views (dibaca)  815 total views (dibaca) Sorong, TN- Satuan Narkoba Polres Sorong Kota, berhasil mengamankan…

Pemprov Sulsel Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur di Soppeng

 708 total views (dibaca)  708 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – PLT Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi…