Terjadi Kelangkaan BBM di Sorong, Ini Jawaban Pertamina !

Tampak SPBU kilo meter 9 kota Sorong di malam hari. Foto Wim/TN

TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Kekosongan bahan baka minyak (BBM) di SPBU terjadi di kota Sorong Papua Barat, sejak siang tadi, Jumat (5/11/2021). Sejumlah SPBU terpaksa tidak melayani penjualan semua jenis BBM bersubsidi.

Terkait hal itu, Unit Manager Communication, Relations and CSR Regional Papua Maluku PT Pertamina Sub Holding Commercial and Trading, Edi Mangun, meminta maaf atas terjadinya kelangkaan BBM di kota Sorong.

“Kami mohon maaf kepada masyarakat atas ketidaknyamanan ini. Kami pastikan besok penjualan BBM di SPBU kembali normal,” ujar Edi Mangun.

Dikatakan kelangkaan stok BBM di kota Sorong, dikarenakan terjadinya rotasi kapal pengangkut BBM atau tanker milik Pertamina untuk wilayah Papua, Papua Barat, Maluku.

“Ketika cuaca buruk, maka keterlambatan kapal tersebut bergerak dari satu titik ke titik yang lain, sehingga menyebabkan rangkaian keterlambatan itu bisa terjadi,” ujar Edi Mangun.

Dikatakannya, sore tadi petugas di terminal pengisian BBM Jayapura, Wayame dan Sorong serta depot-depot lain telah berkordinasi agar situasi kelangkaan yang terjadi dapat kembali normal.

Menurutnya, pihak Pertamina (Persero) memastikan akan menyuplai dan mendistribusikan BBM kepada mitra Pertamina seperti agen dan SPBU, sehingga kondisi kelangkaan yang terjadi di kota Sorong tidak terulang lagi.

Kata Edi Mangun, mengatur distribusi BBM tidak semudah yang dipikirkan banyak orang, melainkan distribusinya mempunyai ketergantungan penuh pada faktor alam.

Setelah melakukan kordinasi terakhir bersama Executive General Manager Regional Papua Maluku PT Pertamina (Persero), Yoyok Wahyu, bahwa secepatnya kelangkaan BBM di Sorong akan kembali normal.

“Kami pastikan pada tanggal 7 November 2021 esok, semuanya akan diupayakan kembali normal, karena pada tanggal tujuh kapal tanker milik Pertamina akan sandar di terminal Pertamina Sorong, untuk mendistribusikan BBM subsidi maupun non subsidi,” terangnya.

“Meski pun kapal tanker itu tiba tanggal tujuh, namun untuk stok yang ada, malam ini (Jumat 5/11/2021) teman-teman di fuel terminal BBM Sorong akan mendistribusikan ke setiap SPBU yang ada di Sorong,” jelasnya.