Terima Peta Raja Ampat, Bupati AFU Berharap Misi PUSHIDROSAL dapat Melestarikan Terumbu Karang

Komandan Pusat Hidro-Oceanografi Angkatan Laut ( Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P (tengah) menyerahkan Peta Kepulauan Raja Ampat kepada Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, SE (kiri) di Pelabuhan Waisai. (Foto : Media Center Raja Ampat/Faroq Husain)

TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT- Komando Armada (Koarmada) III TNI Angkatan Laut, menggelar vaksinasi Covid-19 tahap 1 dan 2 kepada masyarakat Indonesia maritim khususnya masyarakat Bahari kabupaten Raja Ampat provinsi Papua Barat di area pelabuhan Waisai, Selasa (24/8/2021). Kegiatan tersebut sekaligus mendukung ekspedisi jalan Cita I-2021Aurora Pushidrosal TNI-AL.

Di sela-sela kegiatan vaksinasi Covid-19 dan bakti sosial tersebut, pemerintah kabupaten Raja Ampat dihadiahi Peta Kepulauan Raja Ampat dari Pusat Hidro-Oceanografi Angkatan Laut (Pushidrosal).

Peta tersebut diserahkan langsung Komandan Pusat Hidro-Oceanografi Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P, kepada bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, SE, yang disaksikan unsur Forkopimda dan masyarakat yang menghadiri kegiatan vaksinasi C-19.

Danpushidrosal, Laksma TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P, mengatakan bahwa misi ekspedisi yang dipimpinnya itu, merupakan misi Nasional TNI-AL, tujuan untuk melakukan penelitian dan pemetaan wilayah perairan, sesuai titik koordinat yang sudah ditentukan, salah satunya di perairan Raja Ampat

Dikatakannya, misi Nasional TNI-AL ini berbicara mengenai data yang pasti berkaitan dengan angkatan laut, hal ini dilakukan agar mengamankan data kelautan Indonesia untuk kepentingan militer.

“Kabupaten Raja Ampat adalah salah satu wilayah perairan yang menjadi misi kami untuk melakukan penelitian sekaligus pemetaan wilayah perairan sesuai dengan titik koordinat yang sudah ditentukan oleh Mabes TNI-AL di Jakarta,” ujar Laksamana Madya TNI Agung Prasetiawan.

Menurutnya, misi yang juga dilakukan di wilayah perairan Raja Ampat yang merupakan daerah destinasi wisata kelas dunia itu, salah satunya adalah untuk menghindari kasus tabrak terumbu karang oleh kapal-kapal yang berjalan tidak sesuai alur pelayaran di daerah wisata.

Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati (AFU) usai menerima Peta Kabupaten Raja Ampat, memberikan apresiasi kepada Danpushidrosal, Laksamana Madya TNI Agung Prasetiawan, bersama anak buahnya yang menyempatkan diri menggelar kegiatan vaksinasi Covid-19 kepada warga masyarakat Raja Ampat.

Bupati AFU berharap, lewat misi ekspedisi jalan Cita I-2021 Aurora Pushidrosal TNI-AL di perairan Raja Ampat, maka kedepannya semua jalur kapal di daerah destinasi wisata ini tidak dilewati sembarangan oleh kapal-kapal yang berkapasitas besar.

“Yang pasti misi dari Pushidrosal TNI-AL ini, nantinya akan memberikan dampak positif terhadap pariwisata Raja Ampat, terutama kelestarian terumbu karang dapat terjaga. Dengan adanya misi ini juga, maka sudah tidak adalagi kasus tabrak terumbu karang di perairan Raja Ampat. Kapal-kapal yang berkapasitas besar sudh tidak masuk sembarang di daerah wisata tanpa melewati jalur yang telah ditentukan,” terang bupati Faris Umlati.