Terdakwa Penyerangan Pos Kisor Meninggal Dalam Lapas, Keluarga Minta Otopsi

Kuasa hukum terdakwa penyerangan Pos Ramil Kisor, Leo Ijie. (Foto: Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Salah satu terdakwa kasus penyerangan Pos Ramil Kisor bernama Abraham Matte dilaporkan meninggal dunia di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Sorong pada Rabu (2/11/2022) malam.

Kuasa Hukum keluarga dari almarhum Abraham, Leonardo Ijie mengaku terkejut mendengar kabar duka tersebut. Ia tidak menyangka Almarhum meninggal dunia, padahal sehari sebelumnya almarhum sempat mengikuti persidangan dengan agenda putusan sela.

“Kami sangat shock, karena Kami menganggap bahwa almarhum dalam keadaan yang sangat sehat. Tapi tadi malam kami mendapat informasi kalau almarhum meninggal dunia, ini sangat mengagetkan. Ini ganjal bagi kami, karena kemarin almarhum mengikuti proses sidang dengan agenda putusan sela,”ujar Leo di Rumah Sakit Sele Be Solu Sorong, Kamis (3/11/2022).

Selaku kuasa hukum, Leo meminta agar kematian Abraham diusut dan disampaikan penyebab kematiannya secara transparan kepada pihak keluarga.

“Kami minta hal ini diungkap secara transparan. Kami menganggap bahwa ini tindakan-tindakan yang dilakukan oleh mereka yang tidak menghargai manusia, ini sudah sangat tidak manusiawi, sudah melanggar hak asasi manusia. Ini tidak boleh dibiarkan karena terdakwa belum diputus bersalah dan masih menjalani proses hukum,”tegasnya.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan kepolisian, Lapas, dan Kejaksaan untuk melaksanakan otopsi. Menurutnya, proses otopsi harus secepatnya dilakukan sebab kematiannya dinilai janggal oleh keluarga almarhum.

“Kami minta 3 lembaga itu untuk bertanggungjawab sama-sama melihat proses ini, biar kita tidak saling menuduh penyebab kematiannya, agar jelas”ucapnya.