mama-mama Papua/ Pedagang pasar boswesenn kembali menggelar aksi demo di kantor walikota Sorong. (Foto: CR-1)

 2,487 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG -Sejumlah pedagang pasar boswesen menggelar aksi demo di kantor Walikota Sorong, Jumat (11/11/2022).

Mereka melakukan aksi demo lantaran tidak terima tempat jualan mereka dibongkar oleh aparat kepolisian, dan petugas Satpol PP.

Mereka juga mengaku tidak tahu dengan adanya pembongkaran tempat jualan mereka yang dilakukan pada jam 5 pagi itu.

Menurut mereka, Pasar Modern Rufei yang di bangun pemerintah belum menjadi ruang yang cukup untuk membantu mereka mendapatkan keuntungan ekonomi atau pendapatan yang lebih baik.

Salah satu pedagang, Levina Duwit saat menyampaikan aspirasinya menyayanngkan adanya pembongkaran lapak tersebut. Padahal, hanya dengan hanya berjualan di pinggir jalan, ia bisa menghidupi keluarga.

“Kami duduk di jalan-jalan sudha cukup untuk kami menghidupi anak-anak. Dalam waktu dekat buatkan kami pasar mama-mama Papua, pasar tradisional yang layak bagi orang Papua. Kami tidak butuh pasar modern,katanya.

Advokat sekaligus LBH Papua Pos Sorong, Yohanis Mambraku mengatakan, alasan mereka bertahan berjualan di pasar boswesen karena pasar baru Rufei yang dibangun pemerintah belum menjadi pasar yang ideal bagi mereka, terlebih pendapatan mereka selama berjualan di pasar tersebut menurun.

“Pemerintah seperti memaksakan para penjual untuk duduk berjualan di pasar baru Rufei yang di bangun itu. Menurut kami, pasar baru Rufei yang dibangun pemerintah belum siap melakukan perputaran ekonomi yang baik dan stabil bagi pedagang yang berjualan, sehingga belum bisa mendapatkan keuntungan,.”Ungkapnya.

Hingga saat ini, kata Yohanis, para pedagang pasar boswesen yang direlokasi ke pasar modern rufei tidak mendapatkan keuntungan karena dagangan mereka tidak laku.

“Ketika mereka masuk dan berjualan di dalam Pasar Baru Rufei yang di bangun Pemerintah, mereka tidak mendapatkan keuntungan, dan pemerintah tidak memberikan solusi untuk mereka. Jadi banyak dari mereka yang mencari solusi sendiri dengan berjualan di pinggiran jalan,“ucapnya.

Menurutnya, keadaan seperti itu sangat memprihatinkan. Di mana pemerintah berbicara soal pasar moderen tapi tidak memperhatikan apakah pasar tersebut sudah benar-benar siap atau belum.

Sementara itu, Asisten III Setda Kota Sorong Hanok Tala, mewakili pemerintah Kota Sorong menemui para massa aksi. Ia mengatakan, pemerintah sebelum melakukan pembongkaran tempat – tempat berjualan di pasar Boswesen sudah melakukan pembayaran ganti rugi.

“Sebelumnya, pemerintah sudah melakukan pendataan dan ada kesepakatan untuk pembayaran uang ganti rugi buat para pejual di pasar Boswesen Kota Sorong,“Tuturnya.

Berita lain untuk anda

Fraksi NasDem DPRD Maybrat Dibekali Workshop Nasional

 1,477 total views (dibaca)  1,477 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, DENPASAR- Fraksi NasDem DPRD Kabupaten Maybrat, Papua Barat…

MoU Program Studi Sekolah Penerbangan di Kota Sorong

 4,637 total views (dibaca)  4,637 total views (dibaca)

Mendagri Perintahkan Tambang Galian C di Kota Sorong Ditutup

 1,388 total views (dibaca)  1,388 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Penjabat gubernur Papua Barat, Komjen Pol. (Purn)…

Karantina Pertanian Merauke Perkuat Kerjasama Pengawasan Perbatasan RI-PNG

 1,562 total views (dibaca)  1,562 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kepala Karantina Pertanian Merauke, Sudirman, Senin…

Polres Merauke Bersama Wartawan Bagi Ratusan Takjil dan Masker Bagi Pengguna Jalan

 1,414 total views (dibaca)  1,414 total views (dibaca) TEROONGNEWS.COM, MERAUKE – Mengisi Bulan Suci Ramadan 1442 Hijriah,…

Kapolda Sulsel: Petugas Gereja Katedral Sempat Halangi Pelaku Bom Bunuh Diri

 1,420 total views (dibaca)  1,420 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel), Irjen Merdisyam…

DPRD: Insentif Tenaga Kesehatan Dibayar dari APBN

 1,414 total views (dibaca)  1,414 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Abdulah…

Sat Narkoba Polres Sorong Kota Tangani 38 Kasus Sepanjang 2020

 1,614 total views (dibaca)  1,614 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Polres Sorong Kota dalam hal ini…

Logistik Pemilukada Tahun 2020 Mulai Dikirim ke Merauke

 1,522 total views (dibaca)  1,522 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Ketua KPUD Merauke, Theresia Mahuze bersama…

Kementerian PUPR Dukungan Pembangunan Infrastruktur di Sofifi

 744 total views (dibaca)  744 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat…