Tebar Benih Ikan, Puan Sebut Waduk Jatiluhur Seperti Lokasi Drakor Crash Landing On You

Ketua DPR RI Puan Maharani saat menabur benih ikan bersama warga di Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (21/9/2022). Foto: istimewa.

TEROPONGNEWS.COM, JABAR– Ketua DPR RI Puan Maharani bersama warga Purwakarta, Jawa Barat, melakukan kegiatan tabur benih ikan di Waduk Jatiluhur. Melihat kekayaan alam yang luar biasa, Puan memuji keindahan waduk yang bermanfaat sebagai penyedia irigasi, PLTA, hingga wisata tersebut.

Kehadiran Puan di Waduk Jatiluhur, Rabu (21/9/2022), disambut hangat seribuan lebih warga Purwakarta. Bersama masyarakat setempat, ia menaburkan 250 ribu benih ikan dari dermaga. Mulai dari benih ikan Nilem, Tawes, hingga Wader.

Sambil menabur benih ikan, Puan sesekali berbincang dengan petani ikan. Ia mengaku punya cukup banyak kenangan bersama keluarganya di Waduk Jatiluhur.

“Zaman dulu sekali pernah datang ke sini untuk piknik, duduk gelar tikar dan bawa makanan dengan Bapak dan Ibu. Sekarang mungkin kali ketiga atau keempat saya ke sini, senang karena banyak berubah dan jadi tempat wisata yang keren,” kata Puan.

Seorang warga yang hadir bernama Engkom Komariyah menyatakan rasa gembiranya bisa bertemu dengan Puan. Ibu Engkom sehari-harinya bekerja mengolah daging ikan Belida menjadi abon yang merupakan oleh-oleh khas Jatiluhur.

“Semoga Jatiluhur tetap bersih dan banyak ikannya. Saya senang sekali dikunjungi Bu Puan,” ucap Engkom.

Usai menebar benih ikan, Puan kemudian berdialog dengan petani ikan dan karyawan Perum Jasa Tirta II. Ia juga mendapat aspirasi dari pelaku UMKM abon ikan.

“Saya berharap bisa mendapat bantuan oven dan spinner untuk ngeringin suwiran daging ikan,” harap salah satu pelaku UMKM, Nurhayati.

“Oke nanti saya akan kasih mesin-mesin produksinya. Dan kalau bisa, abon ikan Jatiluhur diberi label dan brand atau merk di kemasannya supaya lebih dikenal,” timpal Puan.

Kemudian perwakilan Kelompok Nelayan, Acit menyampaikan aspirasi untuk mendapatkan bantuan jaring ikan. Puan berjanji akan memenuhi harapan Acit dan kawan-kawannya.

“Semoga Waduk Jatiluhur bisa bermanfaat, sejak 1956 sampai sekarang jadi makin baik dan airnya bermanfaat untuk area Jawa Barat dan sekitarnya,” ungkap perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Puan mengingatkan, air adalah sumber kehidupan dan kemajuan peradaban. Oleh karena itu, Waduk Jatiluhur dan waduk-waduk lainnya disebut sangat krusial untuk mewujudkan kedaulatan air.

“Kita mau membangun Indonesia, mau menyejahterakan rakyat Indonesia, semuanya memerlukan air. Dan ikan harus menjadi salah satu andalan untuk meningkatkan kesejahteraan dan juga asupan makanan orang Indonesia,” sebut Puan.

Mantan Menko PMK ini mengatakan, Indonesia harus mengembangkan teknik dan teknologi perikanan. Menurut Puan, hal itu untuk memaksimalkan budidaya ikan sebagai bagian dari pencapaian kedaultan pangan.

“Sebagai Ketua DPR RI, saya akan memperjuangkan aspirasi Bapak/Ibu petani ikan di komisi terkait,” ujarnya.

Puan juga memastikan DPR terus melakukan fungsi pengawasan atas pengendalian jumlah keramba di Waduk Jatiluhur. Tak hanya itu, infrastruktur pariwisata di Waduk Jatiluhur pun dinilai harus lebih ditingkatkan.

“Waduk Jatiluhur viewnya 11-12 dengan yang ada di (drama Korea atau drakor) Crash Landing On You. Sama-sama bagus,” sebut Puan.

“Ke Jatiluhur ini juga saya terhitung healing. Bisa bertemu dengan masyarakat itu hal yang membuat saya seneng, saya bisa tahu apa yang diinginkan masyarakat. Ke daerah-daerah juga bisa tahu makanan apa saja yang enak, saya suka coba-coba,” imbuh cucu Proklamator RI Bung Karno tersebut.