Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui Bidang Aplikasi dan Informatika menggelar Monev TIK dan SPBE Pemprov Sulsel Tahun 2022, di Hotel The Rinra, Rabu (16/11/2022). Foto-Ist/TN

 762 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui Bidang Aplikasi dan Informatika menggelar Monitoring dan Evaluasi (Monev) Penyelenggaraan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Pemprov Sulsel Tahun 2022, di Hotel The Rinra, Rabu (16/11/2022).

Kegiatan tersebut diikuti secara virtual oleh Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan SPBE Kemenpan-RB, Cahyono Tri Birowo, serta dihadiri secara langsung oleh ratusan peserta yang terdiri dari Kepala Sub Bagian Program dan Person In Charge (PIC) lingkup Pemprov Sulsel.

Dalam laporannya, Kepala Diskominfo-SP Provinsi Sulsel, Amson Padolo mengaku, kegiatan tersebut digelar dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

Selain itu, juga untuk menyediakan informasi yang aktual dan dapat langsung diakses di media melalui penerapan sistem-sistem elektronik.

Sementara itu, dalam sambutannya mewakili Gubernur Sulsel, Asisten III Bidang Administrasi Setda Provinsi Sulsel, Tautoto Tana Ranggina mengatakan, bahwa visi untuk mendukung Indonesia yang maju, bermartabat, berdaya saing dan sejajar dengan negara-negara maju di dunia memerlukan kesiapan yang matang dari pemerintah, terutama pemerintah provinsi sebagai wakil pemerintah pusat di daerah.

“Tentu salah satu hal yang perlu dipastikan adalah terwujudnya birokrasi yang kapabel dan berdaya saing yang dapat menggerakkan roda pemerintahan serta menjalankan program-program pemerintah secara efektif, efisien, dan akuntabel, khususnya kita di Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan. Karena itu, acara ini diharapkan dapat menjadi sarana tukar pikir dan diskusi kita dalam proses perencanaan tata kelola Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan tata kelola tugas konkuren Sub Urusan Aplikasi dan Informatika pada Dinas Kominfo Provinsi,” kata Tautoto.

Lebih lanjutia berharap, kegiatan yang dilaksanakan tersebut mampu menghasilkan penyelarasan serta mempertajam indikator serta target program dan kegiatan sesuai dengan tupoksi, sehingga mampu menyelaraskan program dan kegiatan antar OPD dalam rangka optimalisasi pencapaian indeks kematangan SPBE Provinsi Sulawesi Selatan yang lebih baik (menuju nilai sangat baik di atas 3.0).

“Hal ini dikarenakan hasil nilai kematangan SPBE menjadi salah satu indikator pendukung nilai SAKIP pemerintah provinsi setiap tahunnya,” lanjutnya.

Tautoto juga menekankan kepada seluruh OPD di lingkup Pemprov Sulsel, untuk memperhatikan dan meningkatkan domain kebijakan internal SPBE, yang menjadi penilaian tingkat kematangan SPBE pada berbagai layanan.

“Layanan yang dimaksud, antara lain domain tata kelola SPBE, perencanaan strategis SPBE, teknologi informasi dan komunikasi, penyelenggara SPBE, domain manajemen SPBE, penerapan manajemen SPBE, audit TIK, layanan administrasi pemerintahan berbasis elektronik serta layanan publik berbasis elektronik,” jelasnya.

Ia pun meyakini, dengan komitmen dan kebersamaan semua pihak, akan mampu menjawab tantangan kerja saat ini, sehingga akan terwujud layanan pemerintah yang makin baik, mudah, cepat dan akuntabel.

“Melalui kegiatan monev serta penguatan tata kelola SPBE ini, diharapkan fondasi dan sendi-sendi dalam melakukan transformasi digital, terutama di bidang pemerintahan semakin kokoh, sehingga penerapan pemerintahan berbasis elektronik dapat terwujud dan memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat,” pungkasnya.

Berita lain untuk anda

Kadinkes Kaltim: Tetap Semangat Menuju New Normal

 1,514 total views (dibaca)  1,514 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SAMARINDA – Wabah Covid-19 masih terjadi di Indonesia…

JPU Hadirkan Dua Saksi Mahkota pada Lanjutan Sidang Pembunuhan Khani Rumaf

 2,702 total views (dibaca)  2,702 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri…

Kepala Otorita IKN Bahas Sirkuit Internasional Bersama Ketum IMI

 972 total views (dibaca)  972 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI)…

Esterlitha Sagrim Ajak Pemuda Bersatu Bangun Papua Barat

 1,626 total views (dibaca)  1,626 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI– Memperingati hari sumpah pemuda ke-92, tanggal 28…

Cegah Lakalantas, Anggota Turjawali Satlantas Polres Raja Ampat bersama Warga Timbun Jalan Rusak

 1,717 total views (dibaca)  1,717 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT- Mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas di…

Perjuangan RUU Provinsi Kepulauan Tak Sia-sia, Ini Hasilnya

 1,580 total views (dibaca)  1,580 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Perjuangan DPR maupun DPD RI asal…

Surat Soal Dirjen Dukcapil Diangkat jadi Pj Gubernur Papua Barat Ternyata Hoax

 7,691 total views (dibaca)  7,691 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam…

Bupati Maybrat Bernard Sagrim Launching Layanan 4G di Ayamaru dan Aitinyo

 1,614 total views (dibaca)  1,614 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT – Bupati Maybrat DR. Drs, Bernard Sagrim…

Aktivitas Warga Di Kota Sorong Dibatasi Sampai Pukul 7 Malam

 1,575 total views (dibaca)  1,575 total views (dibaca) Sorong,TN – Menindaklanjuti perkembangan penyebaran Covid-19 di kota Sorong,…

Hadiri Pra-Sidang Ke-I GKI Klasis Aitinyo, Rondonuwu Kunjungi Makam Raja Mathias Kambu

 2,547 total views (dibaca)  2,547 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT – Pj Bupati Maybrat Dr Bernhard E…