Juru Bicara Gustu Penanganan C-19 Papua Barat, dr Arnold Tiniap memberikan keterangan pers kepada awak media di press room sekertariat bersama Gustu C-19 Papua Barat, Sabtu (2/5). (Foto : Abe/TN)

 1,448 total views (dibaca)

Manokwari,TN- Gugus tugas penangan penyebaran corona virus disease 2019 (COVID-19) Provinsi Papua Barat merilis per tanggal 2 Mei 2020, tambahan 1 orang positif terpapar corona.

Juru bicara gugus tugas C-19 Provinsi Papua Barat, dr Arnoldus Tiniap kepada wartawan di press room satgas covid, sabtu (2/5) menjelaskan bahwa, penambahan 1 pasien positif corona itu berasal dari Kabupaten Manokwari.

“Hari ini (sabtu) ada penambahan 1 pasien positif terpapar virus corona dari Kabupaten Manokwari, berjenis kelamin perempuan, umur 20 tahun,” ucap dr Arnold Tiniap.

Lanjut dr Arnold, dengan bertambah 1 pasien ini maka total Papua Barat 43 kasus terdiri dari Kabupaten Sorong 12 orang, Teluk Bintuni 11 orang, Kota Sorong 9 orang, Kabupaten Manokwari 6 orang, Raja Ampat 4 orang dan Manokwari Selatan 1 orang.

Jubir Gustu Papua Barat menegaskan bahwa masyarakat jangan panik dengan angka positif terpapar corona yang semakin bertambah, karena ini adalah upaya yang dilakukan satgas untuk mengungkap kasus ini.

Seharusnya masyarakat harus mendukung upaya pemerintah untuk menjalankan protokoler kesehatan sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran corona virus disease 2019 (COVID-19).

“Ini adalah upaya yang dilakukan pemerintah sehingga masyarakat jangan panik dengan angka positif corona yang semakin bertambah, karena daerah yang belum ada pasien corona itu bukan jaminan karena mereka belum kirim sampel swab ke laboratorium makassar” ujarnya.

Arnold Tiniap menghimbau kepada masyarakat Papua Barat, dengan melihat kondisi yang ada saat ini mereka minta pengusulan status pembatasan sosial berskala besar (PSBB), tetapi bersedia diperiksa dan menerapkan protokoler kesehatan.

Sekertaris dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat itu juga menyampaikan bahwa orang tanpa gejala bertambah 57 orang berasal dari Kabupaten Raja Ampat 33 orang, Sorong 14 orang dan Teluk Bintuni 10 orang, sehingga total 571 orang, yang masih dalam pemantauan 357 oranh dan selesai pemantauan 214 orang.

Orang dalam pemantauan (ODP) tambahan 3 orang asal Kota Sorong 2 orang dan Kabupaten Raja Ampat 1 orang, jadi total keseluruhan 856 orang yang masih pemantauan 207 dan selesai pemantauan 649 orang.

Pasien dalam pengawasan (PDP) tidak ada penambahan sehingga total di Provinsi Papua Barat sebanyak 53 yang dalam pengawasan 16 orang dan sudah selesai pemantauan 37 orang.

Masyarakat dihimbau untuk selektif dalam menyeleksi informasi yang beredar di media sosial dan tidak ikut memviralkan, karena dalam pandemi corona ini banyak berita bohong atau Hoax yang dibuat orang tak bertanggung jawab dengan tujuan meresahkan masyarkat, kemudian menggunakan keresahannya itu untuk kepentingan dia.

Berita lain untuk anda

Jalur Penerbangan di Maluku Boleh Dibuka, Tapi Syaratnya Ini

 1,721 total views (dibaca)  1,721 total views (dibaca) Ambon, TN – Hari ini, Pemerintah Provinsi Maluku lewat…

Pusat Tegaskan Dua Hal Saat Pelantikan Pengurus PMI Papua Barat

 1,586 total views (dibaca)  1,586 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,MANOKWARI– Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Papua Barat…

AKP Najamuddin Jabat Kasat Narkoba Polres Merauke

 1,509 total views (dibaca)  1,509 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kapolres Merauke, AKBP Ary Purwanto,S.IK memimpin…

Polda Malut Dukung BNNP Berantas Peredaran Narkoba

 1,474 total views (dibaca)  1,474 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku…

Anggaran Rp 45 Miliar Disiapkan Pemprov Sulsel Bangun Menara dan Pelataran Masjid Kubah 99

 1,135 total views (dibaca)  1,135 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Masjid Kubah 99 Asmaul Husna di…

Kelompok KWT Merauke Ikuti Bimtek P2L

 2,492 total views (dibaca)  2,492 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Bimbingan Teknis Pekarangan Pangan Lestari (P2L)…

2021, Luas Panen Padi di Maluku Capai Sekitar 28,32 Ribu

 1,605 total views (dibaca)  1,605 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Luas panen padi pada 2021 mencapai…

Rahaningmas Minta Uji Coba Vaksin Dimulai dari Para Menteri dan Keluarga

 1,616 total views (dibaca)  1,616 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,JAKARTA- Kendati berbagai upaya pemerintah dalam penanganan pemberantasan Covid-19…

Komisi II DPR RI dan Pemerintah Setujui Kota Sorong Ibu Kota Provinsi PBD

 2,228 total views (dibaca)  2,228 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA-Pembahasan pengambilan keputusan Rancangan Undang-undang (RUU) Provinsi Papua Barat…

Lama Tak Keluar Rumah, Seorang Wanita di Kota Sorong Ditemukan Tak Bernyawa

 1,736 total views (dibaca)  1,736 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Warga komplek Malibela dikejutkan dengan penemuan seorang…