Tahun ini, Target Penerimaan di KPP Merauke Senilai 917 Miliar

Kepala Kantor Pajak Pratama Merauke, Ahmad Zadiq Urwah. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Target penerimaan di Kantor Pajak Pratama (KPP) Merauke tahun 2023 senilai 917 miliar.

Target ini sangat jauh kenaikannya dibanding 2022 hanya 615 miliar atau naik 39 persen yang harus dicapai. Kepala KPP Merauke, Ahmad Zadiq Urwah menuturkan, pihaknya optimistis akan mencapai target tersebut dengan melihat kembali pulihnya kondisi ekonomi usai Pandemi Covid-19.

“Kita optimis dengan kondisi ekonomi yang mulai pulih. Kita juga optimistis adanya pembentukan Provinsi Papua Selatan, kami yakin akan lebih meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah kerja kami di empat kabupaten (Merauke, Mappi, Boven Digoel, Asmat),”ucap Zadiq dalam coffee morning bersama jurnalis Merauke, Kamis (16/3/2023).

KPPM juga punya target internal yaitu sebesar 1 Triliun yang ingin dicapai di 2023. Ini sebagai target perdana dalam 10 tahun dengan penerimaan capai 1 Triliun. Sektor penyumbang terbesar masih didominasi dari belanja pemerintah yaitu sekitar 60 persen. Sisanya dari industri pengolahan, perkebunan, perdagangan. Namun disebutkan masih ada sektor yang belum maksimal seperti perikanan.

Kesempatan yang sama disampaikan juga mendekati Triwulan pertama 2023 antusias wajib pajak dalam pelaporan surat pemberitahuan (SPT) ke Pajak Pratama Merauke cukup baik. Perbandingannya, di 2022 per 1 Januari sampai 30 Maret ada selisih 1000 wajib pajak yang tidak atau belum melaporkan SPTnya dibandingkan tahun ini.