Tahun Ini, Bantuan Alat Mesin Pertanian Bagi Petani Maluku Direalisasikan

Komisi II DPRD Provinsi Maluku, saat menyampaikan aspirasi ke Kementerian Pertanian RI dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Tahun 2022 ini, bantuan alat mesin pertanian akan direalisasikan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) kepada petani di Maluku.

“Alhamdulillaah, kemarin Komisi II DPRD Provinsi Maluku menyampaikan aspirasi ke Kementerian Pertanian RI dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Jadi, di tahun 2022 ini akan ada alat mesin pertanian bagi petani di Maluku,” kata Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Maluku, Ruslan Hurasan saat dihubungi dari Ambon, Jumat (15/7/2022).

Menurut dia, bantuan alat mesin pertanian bagi para petani di Maluku ini berupa, 96 unit mesin pompa, 104 unit traktor roda dua, 220 unit hanspreir, dan 22 motor roda tiga.

“Bukan saja bantuan alat mesin pertanian, tetapi ada juga rancangan pengembangan dan persiapan lahan FE tahun 2022 di Kabupaten Buru. Sasaran seluas 2.000 hektar,” ungkap Hurasan.

Sementara saat menyampaikan aspirasi ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, kata Hurasan, ada sejumlah persoalan yang disampaikan, seperti perlunya evaluasi keberadaan UPT KLHK di Provinsi Maluku, lantaran sebagian besar anggaran, terkait dengan pelaksanaan urusan pemerintah yang menjadi kewenangan Maluku dianggarkan pada DIPA masing-masing UPT KLHK.

Dikatakan, agar kebijakan pengalokasian anggaran melalui APBN dapat disesuaikan dengan beban urusan, yang menjadi kewenangan Provinsi Maluku, bukan difokuskan pada pembiayaan UPT KLHK.

“Pemprov Maluku perlu diberikan kewenangan untuk melakukan pengawasan, pada setiap segmen kegiatan perizinan usaha di bidang kehutanan, termasuk perizinan yang diterbitkan oleh Menteri LHK,” tandas Hurasan.