Berita

Tahapan Pemilu 2024 Dimulai Tanggal 14 Juni 2022, KPUD Kota Sorong Siap Menjalankannya

×

Tahapan Pemilu 2024 Dimulai Tanggal 14 Juni 2022, KPUD Kota Sorong Siap Menjalankannya

Sebarkan artikel ini
Foto Bersama KPU Kota Sorong bersama Tamu Undangan seusai mengikuti Peluncuran Tahapan Pemilu secara daring. Foto Hizkia/TN

TEROPONGNEES.COM, SORING – Pemerintah, DPR dan KPU Secara resmi meluncurkan tahapan pemilu serentak tahun 2024 secara daring yang diikuti seluruh KPU Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia secara daring, Selasa malam (14/06/2022).

1550
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari menguraikan ciri demokrasi di Indonesia yang dilaksanakan secara reguler lima tahun sekali, ia menyebut ciri demokrasi tersebut merupakan amanat konstitusi yang patut dijalankan.

“Salah satu ciri demokrasi adalah dilaksanakannya pemilu secara regular, legalitas pemilu di Indonesia adalah lima tahunan dan ini adalah amanat konstitusi kita” Kata Ketua KPU melalui Daring.

Sebagai penyelenggara pemilu konflik yang sering terjadi dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Menurutnya konflik yang sering terjadi berawal dari pemahaman kita akan kemajemukan.

“Pemilu, pilkada adalah konflik yang dianggap sah dan legal untuk meraih kekuasaan atau mempertahankan kekuasaan, kita sadari mengapa terjadi konflik ini berangkat dari pemahaman kita bahwa kita ini adalah majemuk. Dan kemudian kita luruskan bersama-sama dengan asas atau landasan berbangsa kita yaitu bhineka tunggal ika,” lanjutnya.

Sebagai pimpinan tertinggi dikalangan KPU, ia mengajak semua pihak untuk sama-sama berkomitmen menjadikan pemilu sebagai wujud dari semboyan Bangsa Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika.

“Kita bersama-sama berkomitmen menjadikan pemilu sebagai sarana integrasi bangsa karena sebagai wujud dari bhineka tunggal ika” Bebernya.

Ketua KPU Kota Sorong, Roberth B Yumame, S.Sos yang diwawancarai usai kegiatan peluncuran tahapan pemilu secara daring mengatakan bahwa setelah diluncurkan secara nasional maka tahapan pemilu segera dimulai dari sekarang hingga 14 Februari 2024 mendatang.

“Tepat hari ini (Selasa 14/06/2022) KPU melaksanakan peluncuran tahapan pemilu” Ucap Roberth B Jumame, Ketua KPU Kota Sorong.

Ia menambahkan terkait dengan persiapan tahapan pemilu serentak Tahun 2024 di kota Sorong, pihaknya sangat siap untuk melaksanakan tahapan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

“Khusus untuk kota sorong secara SDM KPU sangat siap untuk melaksanakan tahapan pemilu pada tahun 2022 sampai 2024” Bener Roberth.

Terkait dinamika yang sering terjadi pada saat pemilu, pihaknya siap untuk meminimalisir sedemikian rupa sehingga menghasilkan pemilu yang berkualitas dan bermartabat.

“Pengalaman kita di 2019 terkait penyelenggaraan pemilu, ada sedikit dinamika-dinamika yang kemudian akan disikapi itu di tahun 2024 kita coba untuk meminimalisir sedemikian mungkin sehingga pada saat pelaksanaan pemilu nanti bisa menghasilkan pemilu yang berkualitas dan bermartabat” Beber Ketua KPU Kota Sorong.

Roberth Jumame menyebutkan bahwa suksesnya pemilu 2024 mendatang pihaknya tidak bekerja sendiri namun perlu keterlibatan semua pihak terkait sebagai stakeholder dalam pemilu

“tentu bukan kerja KPU sendiri sebagai penyelengara pemilu tapi melibatkan berbagai pihak yang terlibat sebagai stakeholder pemilu, pemerintah, TNI/POLRI, dan masyarakat itu sendiri, partai politik, serta lembaga-lembaga lain seperti kejaksaan” Kata Roberth mengakhiri.

Turut hadir, Bawaslu Kota Sorong, Perwakilan pimpinan Partai Politik, Perwakilan TNI/POLRI, Perwakilan Pemerintah Daerah, dan tamu undangan.