Berita

Tahapan Dukungan Revitalisasi Benteng Victoria Dinyatakan Tuntas

×

Tahapan Dukungan Revitalisasi Benteng Victoria Dinyatakan Tuntas

Sebarkan artikel ini
Pertemuan Deputi I Kantor Staf Presiden (KSP), Febry Calvin Tetelepta bersama Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy didampingi Sekretaris Kota Ambon, A.G. Latuheru. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Deputi I Kantor Staf Presiden (KSP), Febry Calvin Tetelepta menyatakan, 1 dari 4 tahapan yang dilakukan Pemerintah Kota Ambon atas rencana revitalisasi Benteng Victoria dan relokasi markas Kodam XVI Pattimura dinyatakan tuntas.

Pasalnya, semua pihak yang pernah dikunjungi Pemkot Ambon untuk meminta dukungan, memberikan apresiasi. Bahkan, sambutan positif atas rencana tersebut. Dalam pertemuan terakhir, di ruang rapat utama lantai II KSP Jakarta, dukungan tersebut masih tetap sama.

“Saya tadi dengar, bahwa tahapan rencana revitalisasi Benteng Victoria dan relokasi markas Kodam XVI Pattimura ada 4 tahap dan tahap I adalah permohonan dukungan. Dengan ini saya nyatakan bahwa dukungan itu sudah tuntas, dan kita siap lanjutkan ke tahapan berikutnya,” kata Tetelepta saat dihubungi wartawan dari Ambon, Minggu (14/3/2021).

2355
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Untuk selanjutnya, sesuai hasil kesepakatan dirapat bersama tersebut, tim teknis Pemkot Ambon dimintakan untuk membuat kajian yang lebih mendetail, terkait akan dijadikan apa lokasi Benteng Victoria tersebut setelah Kodam direlokasi.

“Pertengahan bulan April ini saya harap kajian itu sudah jelas. Pemkot Ambon mau apa pada lokasi itu. Ini penting, sehingga disisi penganggaran dapat kita bedah, sesungguhnya kita mengarah ke mana. Olehnya, saya minta, desainnya sudah dapat dikerjakan mulai sekarang,” ujar dia.

Menurutnya, dari penjelasan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, harus ada kejelasan, apakah lokasi itu nantinya akan dijadikan objek wisata, mengembalikannya ke bentuk awal sebagai situs sejarah atau akan diapakan lokasi itu setelah pengalihan.

Lebih lanjut Tetelepta menambahkan, arah pengembangan kedepan itu sangat penting, sehngga penganggarannya sudah bisa diatur oleh Cipta Karya.

“Jadi KSP merekomendasikan kepada Tim teknis Pemkot Ambon untuk lakukan koordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian PUPR melalui Cipta Karya dan Kemhan RI, untuk kejelasan peruntukan lokasi Benteng Victoria itu kedepan. Dan dalam pertengahan April, saya harap sudah selesai, sehingga anggarannya sudah bisa kita lihat dan dibicarakan dengan kementrian terkait,” kata Tetelepta.

Dia menegaskan, kedepan soal revitalisasi Benteng Victoria dan relokasi markas Kodam XVI Pattimura, sudah masuk pada tahap II yakni perencanaan dan penganggaran. Ini akan dibicarakan lebih serius lagi, karena sudah menyangkut anggaran yang cukup besar.

“Posisi kita saat ini adalah, bahwa Pemkot Ambon siap untuk melakukan pembebasan lahan dan diharapkan biaya pembangunan dibantu oleh pemerintah pusat,” tandas Tetelepta.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy menyampaikan, pihaknya akan segera menindaklanjuti hasil pertemuan ini, dan dalam waktu dekat tim teknis akan menyelesaikan apa yang menjadi hasil keputusan tersebut.

Soal keterlibatan pihak swasta, Wali Kota sampaikan, ini sebuah usulan baru dan menarik, yang juga akan menjadi bahan pembahasan kedepan dengan stakeholders terkait.

Pertemuan dengan deputi I Kantor Staf Presiden, Wali Kota Ambon didampingi Sekretaris Kota Ambon, A.G. Latuheru, Kepala Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan Kota Ambon, Enrico Matitaputty, plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Melianus Latuihamallo, Plt. Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Apries Gaspersz, Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Jeremias Aponno, Kepala Bagian Hukum, Jhon Slarmanat dan Kepala Kepala Bagian Komunikasi Pimpinan dan Protokol, A.Mintik.

Selain itu hadir juga Ketua DPRD Ambon, Ely Toisutta, Wakil Ketua DPRD kota Ambon, Rustam Latuponno, dan ketua Komisi 1 DPRD Kota Ambon Zeth Pormes

Untuk diketahui, selain dengan KSP, Pemkot Ambon sudah melakukan beberapa kali pertemuan dengan kementerian, lembaga terkait diantaranya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pertahanan RI, KASAD, Kemenkeu, Kepala Staf Kepresidenan, Kepala Bapennas, Kepala Pusat Arkeologi, Wakil Ketua DPR RI, Komisi I DPR RI, dan Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia.