Sulsel Terapkan PTM Sesuai SKB

Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman hadir langsung mengikuti secara virtual rapat evaluasi bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Senin (7/3/2022). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto yang juga merupakan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), dan Koordinator PPKM untuk wilayah luar Jawa-Bali menggelar rapat Perkembangan Kasus Covid-19 dan Evaluasi PPKM di luar Pulau Jawa-Bali, yang diikuti kementerian/lembaga terkait, gubernur, bupati dan wali kota, Senin (7/3/2022).

Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman hadir langsung mengikuti secara virtual.

Pada rapat ini, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengaku, kasus harian per 5 Maret sebanyak 30.156 kasus, kasus kematian 322 kasus, angka Reproduksi efektif (Rt) di Indonesia 1,09, dan laju penularan covid-19 menurun di semua pulau.

Meskipun masih ada diatas angka 1. “Namun di semua pulau mengalami penurunan signifikan,” katanya dalam rapat itu.

Kasus harian dan kasus aktif di luar Jawa-Bali menurun mengikuti di Jawa dan Bali. Dari data Kemenkes, untuk Rt di Sulsel dalam sepekan juga turun, dari 18,60 persen turun menjadi 13,63 persen.

Wamenkes, Dante Harbuwono meminta, agar sosialisasi perluasan cakupan layanan telemedicine bagi pasien positif Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri atau isoman dilakukan oleh pemerintah daerah.

Diketahui, layanan ini juga telah memperluas layanan di Pulau Sulawesi, yakni di Kota Makassar. Melalui layanan telemedicine pasien Covid-19 bisa mendapatkan layanan telekonsultasi dan paket obat secara gratis. Layanan dapat diakses melalui https://isoman.kemkes.go.id/.

Sedangkan, Data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Bahwa sepekan terakhir masyarakat Sulsel untuk protokol kesehatan, dari 22.017 orang yang dipantau, 88,70 persen patuh memakai masker, dan 86,58 persen patuh menjaga jarak.

Dirjen PAUD Disdakmen Kemendikbudrisek, Jumeri mengatakan, Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas di luar pulau Jawa dan Bali ada yang sesuai dan sebagian tidak sesuai dengan SKB 4 Menteri dan Diskresi SKB 4 Menteri. Adapun penerapannya di provinsi dan kabupaten/kota Sulsel dinilai telah sesuai.

Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman melaporkan, per 5 Maret 2022 jumlah kasus harian positif sebanyak 795 kasus, sembuh sebanyak 1.609 kasus dan meninggal sebanyak 9 orang.

“Adapun untuk 5 Maret, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 795 kasus, dan meninggal dunia sebanyak 9 orang,” sebut Andi Sudirman.

Adapun pelaksanaan PPKM berdasarkan level hingga 14 Maret, Level 2 dilaksanakan di Wajo sedangkan level 3 di 23 kabupaten/kota lainnya.

Tingkat penularan komunitas untuk tingkat 4 terdapat 1 daerah, yakni Tana Toraja. Dimana sebelumnya terdapat 4 daerah.

“Capaian vaksinasi untuk Dosis 1 telah mencapai 84,92 persen, Dosis 2 sebanyak 57,75 persen dan Dosis 3 sebesar 2,62 persen. Vaksinasi Dosis 2, 3 dan lansia ini yang kembali kita genjot,” ucapnya.

Adapun untuk memudahkan dan mendekatkan layanan vaksinasi kepada masyarakat, dan menjangkau masyarakat kelompok rentan hadir program Sulsel Kebut Vaksinasi dengan layanan mobile vaccinatornya.

“Gerai vaksin oleh Rumah Sakit Pemprov Sulsel dan tempat-tempat pelayanan publik. Vaksinasi keliling menyasar komunitas rentan,” tandas Andi Sudirman.