Berita

Sulsel Salah Satu Provinsi Penghasil Ikan Terbesar di Indonesia

×

Sulsel Salah Satu Provinsi Penghasil Ikan Terbesar di Indonesia

Sebarkan artikel ini
PLT Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman melaunching program Indonesia Satu Ekspor, sekaligus melepas ekspor komoditi perikanan, di Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Makassar, Rabu (14/4/2021). Foto-Ist/TN


TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Kepala Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Makassar, Sitti Chadidjah mengaku, Sulawesi Selatan (Sulsel) adalah salah satu provinsi, dengan produksi perikanan yang sangat besar.

1505
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Bahkan, Provinsi Sulsel juga jadi hub komoditi ekspor perikanan, untuk wilayah Indonesia Timur.

Chadidjah mengaku, pihaknya menggelar ekspor periode tanggal 12 hingga 17 April untuk 20 jenis komoditi ikan atau sebanyak 71.555 ekor ikan, dengan volume pengiriman sebesar 2.075,8 ton dan nilai ekspor sebesar Rp 97 miliar atau senilai USD 6,9 juta.

“Meski ditengah pandemi Covid-19 ini, angka ini menunjukkan potensi yang sangat besar di Sulawesi Selatan. Program Indonesia Satu Ekspor yang dicanangkan kemarin, memicu pertumbuhan ekonomi yang besar, khususnya di Sulawesi Selatan,” tegas dia kepada wartawan, di Makassar, Kamis (15/4/2021).

Lebih lanjut Chadidjah menambahkan, tingginya produksi ekspor perikanan, juga terlihat dari data ekspor komoditi perikanan tahun 2020 lalu.

“Dimana volume ekspor sebesar 158.050 ton, dengan nilai ekonomi sebesar Rp 5,47 triliun, dari berbagai jenis komoditi perikanan yang diekspor. Terutama rumput laut, udang, tuna, gurita, dan beberapa komoditi lainnya,” tandas dia.