Sulaeman L. Hamzah Membagikan Ikan di Tengah Covid-19

Pembagian Bansos bagi warga terdampak Covid-19 di Jayapura (Ist/TN)

Jayapura, TN – Dalam masa resesenya, Anggota Komisi IV DPR RI, Sulaeman L. Hamzah menerima 1.250 paket ikan/produksi perikanan yang diserahkan oleh Kepala Balai KIPM Jayapura, Suardi. Sebelumnya, sebagian paket sudah diserahkan sebelum Idul Fitri kemarin.

Saat dihubungi melalui telpon selulernya, Selasa (2/6), Sulaeman L. Hamzah mengatakan, dalam situasi pandemik Covid-19, Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) melaksanakan kegiatan bulan mutu karantina dengan bakti sosial.

Bakti sosial itu berupa pembagian ikan serta produksi perikanan yang sehat dan bermutu kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Bantuan yang disalurkan untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan itu sebagai wujud kepedulian beliau sebagai wakil rakyat kepada masyarakat yang diwakili dan terkena dampak langsung Covid-19.

“Ya pelaksanaan kegiatan ini adalah hasil aspirasi dari saya untuk membantu masyarakat dapil yang disampaikan kepada mitra kami di komisi yaitu melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan RI,” katanya.

Untuk kegiatan, menurutnya, berlangsung di beberapa unit pelaksana teknis BKIPM di seluruh Indonesia. Lalu Balai KIPM Jayapura menjadi salah satu titik pelaksanaan kegiatan peduli sosial.

Dikatakan, sebanyak 1.250 paket diterima sekaligus didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan, kerjasama dengan event organizer yang ditunjuk sebagai penyedia.

Adapun kegiatan dilakukan dengan dua kali tahapan. Tahap kedua diserahkan ke beberapa kelompok paguyuban diantaranya Ikatan Keluarga Flobamora, paguyuban NTB, asrama-asrama mahasiswa, pesantren dan masyarakat sekitar yang memang membutuhkan.

Target distribusinya, lanjut Sulaeman, adalah wilayah Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura. Paket yang dibagikan berupa ikan kembung beku 1 kilogram, ikan kaleng dua buah, kerupuk ikan produksi UMKM Kabupaten Jayapura serta brosur yang isinya tentang pentingnya makan ikan dan ikan bermutu serta aman dikonsumsi.

“Saat kondisi Covid-19 seperti ini masyarakat juga harus menjaga imunitas diri dengan mengkonsumsi ikan,” katanya.

Ditambahkan, kegiatan dimaksud bertepatan dengan bulan mutu karantina ikan tahun 2020 sebagai agenda rutin yang saat ini sedang berlangsung selama dua bulan dengan mengangkat tema BIPM-KKP peduli ikan sehat bermutu untuk menanggulangi Covid-19.

“Kegiatan aspirasi saya memang saya fokuskan di Jayapura dan Merauke. Paket bantuan kami di merauke sebanyak 1300 paket dan khusus di Merauke paket bantuan kami tambah beras, mie instan, minyak goreng dan sayuran. Karena di Merauke ada Rumah Aspirasi H. Sulaeman jadi secara tekhnis ibu Fauzun Nihayah selaku direktur eksekutif rumah aspirasi sekaligus sebagai anggota DPR Papua dari dapil selatan yang urusi semua dengan tim kami,’’ungkapnya.