Sulaeman Hamzah; Bengkel Alsintan Sementara Diupayakan untuk Merauke

Anggota Komisi IV DPR RI, H.Sulaeman L Hamzah. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Bengkel alat mesin pertanian (Alsintan) sementara diupayakan untuk melayani peralatan Alsintan yang rusak di Kabupaten Merauke.

Demikian ini disampaikan Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi NasDem Dapil Papua, H. Sulaeman L Hamzah kepada wartawan di Merauke usai membuka Bimtek Optimalisasi Alsintan di Halogen Hotel, Senin (5/12/202.

“Untuk bengkel Alsintan sementara diupayakan dan akan diproses bersama Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan,” ucap H. Sulaeman kepada wartawan.

Menurut Sulaeman, salah satu penyebab kerusakan karena kurang dilakukan perawatan dari kelompok pemakai. Pihaknya temukan ada yang sudah dalam kondisi rusak, namun belum ketahui secara pasti data di lapangan.

Lanjut katanya, bengkel Alsintan diupayakan ditempatkan di sentra pertanian atau sekurang-kurangnya ada satu di Merauke. Tujuannya, untuk memperbaiki Alsintan yang sudah rusak sehingga dapat dimanfaatkan kembali.

“Kita berharap untuk menuju ke pertanian moderen dan berkelanjutan memang dibutuhkan keseriusan. Keseriusan di lapangan yaitu PPL dari dinas juga harus difungsikan dalam rangka kepentingan petani secara keseluruhan. Tidak membedakan alat bantuan jalur aspirasi, atau jalur Dinas, tetapi melihat secara keseluruhan persoalan yang ada,” pungkasnya.