Sudah 26 Orang Warga Ambon Jadi Korban Gigitan Anjing Rabies

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Ambon, Wendy Pelupessy. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Ambon, Wendy Pelupessy mengatakan, hingga saat ini tercatat sudah 26 orang warga Kota Ambon menjadi korban gigitan anjing rabies.

“Sudah 26 orang warga menjadi korban. Untuk itu, masyarakat Kota Ambon diminta waspada atas kasus gigitan anjing rabies,” pinta Pelupessy kepada wartawan, di Balai Kota Ambon, Selasa (23/8/2022).

Dikatakan, penanganan yang dilakukan adalah pemberian anti tetanus dan vaksin rabies oleh Puskesmas

“Kemarin pemberian vaksin terhadap ini 15 korban, dan hari ini dilanjutkan kepada 11 orang lainnya,” ujarnya.

Untuk itu, dia menghimbau masyarakat, untuk dapat mengantisipasi penularan rabies, dengan memperhatikan perilaku kondisi anjing peliharaan.

“Sebaiknya anjing peliharaan dikandangkan, jangan biarkan berkeliaran. Jika ada perubahan perilaku anjing seperti menjadi lebih agresif, atau yang biasanya aktif tapi kemudian jadi pendiam dan terlihat sakit, maka itu perlu diwaspadai,” katanya.

Pelupessy juga meminta warga yang mengalami gigitan anjing segera melapor ke Puskesmas terdekat, agar segera ditangani.

“Jangan sembarangan membersihkan luka gigitan, segera bawa korban ke puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk ditangani ” tandasnya.

Sebelumnya, Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena menjamin Pemkot Ambon melalui Dinkes akan mengambil langkah-langkah medis dengan pemberian vaksin kepada korban gigitan anjing rabies.

“Saya Mlminta kadinkes memberikan vaksin rabies kepada korban, kita bisa membantu sebatas itu, sehingga siapapun yang digigit harus segera melapor. Tapi untuk penanganan anjing rabies yang bekeliaran, kita koordinasi dengan polisi untuk dibantu untuk ditembak, agar tidak memakan korban lagi,” tandas Wattimena.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon lewat Puskesmas Belakang Soya, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Senin (22/8/2022), telah mengeluarkan peringatan sekaligus imbauan kepada masyarakat, untuk mewaspadai anjing rabies, yang sementara menyerang sejumlah wilayah di kota setempat.

Dalam pamflet yang diterima Teropongnews.com berisi pemberitahuan kepada masyarakat Kota Ambon, bahwa telah terjadi gigitan anjing rabies di daerah seputaran Kadewatan, Skip Swalayan Citra, da Silva, dan Mardika.

Jumlah kasus gigitan anjing rabies per tanggal 22 Agustus 2022 pukul 15.30 WIT yakni, 13 orang, di wilayah kerja Puskesmas Belakang Soya sebanyak 6 orang warga.

Dalam pamflet tersebut juga disebutkan jika anjing tersebut berukuran sedang, dan berwarga hitam. Untuk itu, jika terjadi gigitan, maka segera melapor ke fasilitas kesehatan terdekat.