Staf Khusus Presiden RI Jumpa Pelaku UMKM di Rumah BUMN Telkom Merauke

Pertemuan Staf Khusus Presiden RI, Billy Mambrasar dengan pelaku UMKM Merauke di Rumah BUMN. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Staf Khusus Presiden RI, Billy Mambrasar mengunjungi Rumah Kreatif BUMN Telkom Merauke dan bertatap muka dengan pelaku UMKM setempat.

Pertemuan yang beralngsung sekitar satu jam lebih memberikan kesempatan para pelaku UKM menyampaikan harapannya untuk nanti ditindaklanjuti.

Sebagai utusan Presiden, Billy menyampaikan terima kasih kepada Rumah BUMN yang sudah mendampingi dalam hal mengurus perijinan maupun kemasan bagi UMKM Merauke.

“Harapan saya, mereka terus bertahan dan bangkit di masa Pandemi atau menghadapi kesulitan apapun. Mereka butuh bantuan dari instansi terkait, oleh sebab itu saya minta agar Dinas Perindagkop UKM, Pariwisata dan lainnya bisa bermitra dengan kelompok UMKM,” terang Billy di Rumah BUMN, Selasa (07/09).

Terutama Billy harapkan di iven PON XX Papua ini pelaku UMKM asli Papua dan anak muda Papua dilibatkan. Sehingga, pelaksanaan PON Papua akan memberikan impact pemasukan kepada pelaku UMKM.

Kesempatan yang sama Billy mendapat masukan dan dominasi keluhannya adalah kendala pada pemasaran. Ini merupakan kendala klasik yang nanti dibicarakan dengan pimpinan daerah setempat supaya menciptakan sistem logistik bersama bermitra dengan lembaga lain seperti Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Merauke untuk menciptakan satu sistem pemasaran yang murah. Agar bisa memasarkan atau mengirimkan produk UMKM Merauke ke daerah luar Merauke.

“Kalau itu sudah diselesaikan, harga akan bisa bersaing,” katanya.

Selama dua pekan di Merauke, Billy telah mengunjungi pelaku UMKM di kampung-kampung. Banyak hal yang dikomunikasikan dan yang paling banyak kendala adalah belum memperoleh akses yang baik untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Salah satunya dibangun satu etalase tempat menjual produk UMKM agar produknya dapat dijual di Kota Merauke.

Ketua Bidang Pertanian, Perikanan dan Lingkungan HIPMI Merauke, Alfons Awem mengharapkan Pemerintah Daerah lebih mendorong dan pendampingan secara intens kepada UKM orang asli Papua. Menurutnya, jika dibiarkan berjalan sendiri maka tidak akan bertahan lama.

Ketua Badan Pimpinan Cabang (BPC) HIPMI Merauke, Kurniawan Tommy Siriwa dalam pertemuan yang sama menyampaikan HIPMI siap membantu pelaku UMKM dalam membuat kemasan produk yang dihasilkan. Sebab kemasan yang menarik akan memberikan daya tarik kepada pembeli.