660 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, LUMAJANG – Tim Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim mulai bergerak. Tim ini mendukung program BPBD Jatim guna menyukseskan terbentuknya sekolah yang aman dan tangguh dari bencana. Sasarannya adalah seluruh sekolah yang berada di daerah rawan bencana di Jawa Timur.

Kota pertama yang menjadi tujuan adalah Lumajang. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu-Kamis, 23-24 Juni 2021. Sasaran sekolah yang dituju adalah MTs Nurul Islam, Selok Awar-Awar, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan (PK) BPBD Jatim Gatot Soebroto. Hadir pula Kalaksa BPBD Lumajang Indra Wibowo Leksana dan tim, Muspika Kecamatan Pasirian, dan beberapa undangan dari sekolah lain.

Selama dua hari Tim SPAB SRPB Jatim melakukan sosialisasi, edukasi, dan simulasi kepada sekitar 100 orang peserta. Para peserta terdiri dari beberapa unsur. Di antaranya 35 orang di kelas pertama dari unsur stakeholders sekolah.

“Yang dimaksud stakeholders sekolah antara lain mulai dari kepala sekolah dan unsur pimpinan, staf sekolah, dewan guru, tenaga kebersihan, dan penjaga sekolah,” ungkap Koordinator Bidang Kemitraan SRPB Jatim Aslichatul Insiyah, Jumat (25/6).

Kegiatan hari pertama adalah pembukaan dan materi tentang wawasan kebencanaan. Fokus wilayah potensi bencana adalah Desa Selok Awar-Awar. Dilanjutkan kemudian dengan materi tentang sosialiasai Permendikbud No.33 Tahun 2019 oleh Dinas Pendidikan setempat.

“Materi terakhir adalah tentang kajian risiko, peta sekolah, rambu jalur evakuasi dan pengerjaan dokumen kajian resiko. Terbentuk pula satuan tugas sekolah untuk menjadi leader bagi keberlanjutan terselenggaranya SPAB ini ke depannya,” jelas Azelin, panggilan Aslichatul Insiyah.

Di hari kedua, peserta sebanyak 100 orang tersebut diajak bersimulasi melakukan evakuasi gempa bumi. Mereka juga belajar tata cara pemadaman kebakaran.

Tim SPAB SRPB Jatim yang bertugas di Lumajang ini sebanyak empat orang. Mereka adalah Aslichatul Insiyah, Andreas Eko Muljanto, Ervan Alif Pujiono, dan Wawan Kimiawan.

“Kegiatan ini semoga menjadi langkah awal yang menghasilkan tata laksana satuan penddidikan aman bencana bagi seluruh sekolah di Jawa Timur,” pungkas Azelin.

Berita lain untuk anda

Pemprov Maluku Serobot Lahan Milik Warga di Tihu

 768 total views (dibaca)  768 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku diduga telah…

Waduh, Kapal Pengangkut Alkes C-19 Diperintahkan Balik ke Jayapura, Ada Apa?

 713 total views (dibaca)  713 total views (dibaca) Jayapura, TN – Pengiriman Alat Kesehatan (Alkes) Covid-19 di…

Jaga Kondusifitas, Polres Sorong Lakukan Pertemuan Dengan Para Tokoh

 3,074 total views (dibaca)  3,074 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Polres Sorong melakukan pertemuan dengan tokoh adat,…

Puluhan Botol Miras Illegal Diamankan Polsek KPL Merauke

 675 total views (dibaca)  675 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM – MERAUJE, Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji,…

Wali Kota Ternate: Pemerintah Berupaya Pulihkan Ekonomi Akibat Pandemi Covid-19

 726 total views (dibaca)  726 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Wali Kota Ternate, Tauhid Soleman mengaku,…

200 Kotak Makanan Dibagi ke Masyarakat Kecil di Merauke

 730 total views (dibaca)  730 total views (dibaca) Merauke, TN – TNI dan Polri di Merauke menunjukan…

Tiba di Jayapura, 99 ABK KM Dobonsolo di Periksa, 6 Orang Positif Rapid Test

 679 total views (dibaca)  679 total views (dibaca) Jayapura, TN – Dari 99 ABK KM Dobonsolo, 6…

Kota Ambon Kembali ke Zona Orange Penyebaran Covid-19

 766 total views (dibaca)  766 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Setelah sebelumnya berada di zona Merah,…

Jelang PON XX Papua Ratusan BKO Brimob Nusantara Tiba di Merauke

 699 total views (dibaca)  699 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dalam rangka membantu pengamanan selama pelaksanaan…

Daerah Yang Fasilitas Kesehatan Terbatas Harus Siapkan Karantina Terpusat

 630 total views (dibaca)  630 total views (dibaca) Manokwari,TN– Kasus positif terpapar corona virus disease 2019 (COVID-19)…