Sosialisasi program Jamsostek kepada kepada jasa konstruksi di Merauke. Foto-Getty/TN

 1,212 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Sosialisasi Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada pekerja jasa konstruksi di Kabupaten Merauke kembali dilakukan BPJS Ketenagakerjaan/BP Jamsostek Cabang Merauke.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Merauke, Alamsyah Ali mengatakan, sosialisasi dilakukan sebagai tindaklanjut dari kegiatan sebelumnya terkait Inpres Nomor 2 tahun 2021 dan surat edaran dari Kemen PUPR tentang tertib pelaksanaan Jamsostek. Untuk itu, BP Jamsostek Cabang Merauke kembali menyampaikan perlindungan Jamsostek tersebut secara khusus dalam sektor jasa konstruksi.

“Nanti pada saat proyek mulai berjalan agar pemilik jasa konstruksi sudah mendaftarkan tenaga kerjanya dalam program BPJS Ketenagakerjaan,” ucap Alamsyah di Careinn Hotel, Rabu (22/6/2022).

Dikatakan pihaknya belum menerima pendaftaran yang berasal dari pekerjaan konstruksi. Dengan dikumpulkan para pihak kali ini diharapkan akan menyadari dan mendorong pemenuhan kewajiban yang harus dipatuhi terhadap pekerja jasa konstruksi. Disebutkan sekitar 24 pekerjaan konstruksi di Merauke yang belum terdaftar sebagai peserta jasa konstruksi di BPJS Ketenagakerjaan.

“Yang kami harapkan khususnya kepada satuan kerja OPD yang ada di dinas-dinas agar memastikan kepada penyedia jasa untuk terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan,” bener Alamsyah.

Berdasarkan ketentuan dikatakan, 14 hari setelah menerima surat perintah kerja, maka proyek tersebut harus didaftarkan. Sanksi administrasi akan dikenakan kepada yang tidak melakukan pendaftaran. Dan kepada instansi terkait diminta lebih gencar untuk melakukan pengawasan terhadap proyek-proyek di lapangan.

Di sela-sela sosialisasi diselingi dengan penyerahan santunan kepada perwakilan atau ahli waris mewakili peserta penerima upah yang meninggal duni biasa atas nama Agus Setiawan.

Besaran santunan untuk yang meninggal biasa adalah Rp 10.000.000 untuk biaya pemakaman, santunan berkala Rp 12.000.000, santunan kematian Rp 20.000.000 dan yang bersangkutan juga mengikuti program Jaminan Hari Tua (JHT) maka diberikan juga JHT sebesar Rp 13.315.960. Total keseluruhan santunan yang diberikan sebesar Rp 55.315.960.

Berita lain untuk anda

Pilkada Berjalan Aman dan Lancar, PJ Wali Kota Makassar Beri Apresiasi

 429 total views (dibaca)  429 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Penjabat Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin…

Komisi II Bakal Libatkan Pertamina Saat Agenda Pengawasan

 404 total views (dibaca)  404 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Komisi II DPRD Provinsi Maluku dipastikan…

Hilal Tidak Terlihat, Kepastian 1 Syawal 1442 H Tunggu Keputusan Menteri Agama

 440 total views (dibaca)  440 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Warga kota Sorong diimbau untuk menunggu…

Pelantikan Kepala Daerah Tahap Dua di Papua Barat akan Dilakukan Dalam Waktu Dekat

 420 total views (dibaca)  420 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, KAIMANA- Pelantikan Bupati dan wakil bupati tahap kedua…

Direksi BPJS Kesehatan Pastikan Pelayanan Digitalisasi di Faskes Kepulauan Raja Ampat Lancar

 550 total views (dibaca)  550 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,RAJA AMPAT – Guna memastikan optimalnya pelayanan kesehatan yang…

DPP PKB Beri Dukungan AFU-ORI Maju Pilkada Raja Ampat

 442 total views (dibaca)  442 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA- Setelah partai PDI Perjuangan, satu lagi partai…

Gubernur dan Petinggi TNI-POLRI Tinjau Kesiapan Pengamanan Kunjungan Wapres

 446 total views (dibaca)  446 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Drs.…

Rapat Paripurna RUU DOB Bakal Dilaksanakan Dalam Bulan Ini

 409 total views (dibaca)  409 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Komisi II DPR RI berencana melaksanakan…

Bantuan Pasangan Yance-Felix Kepada Mahasiswa Sorsel Diduga Muatan Politis

 451 total views (dibaca)  451 total views (dibaca) Manokwari,TN– Ratusan mahasiswa asal kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) Provinsi…

DPRD Maluku Tinjau Pelaksanaan UN di Ambon

 404 total views (dibaca)  404 total views (dibaca) Ambon, TN – DPRD Provinsi Maluku meninjau hari pertama…