Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Robert Kardinal Ajak Pemuda Perkuat Ideologi Pancasila

Foto bersama usai sosialisasi empat pilar kebangsaan bersama pemuda-pemudi yang ada di jl. Basuki Rahmat Kilometer 12, Kelurahan Klasaman, Distrik Klaurung, Kota Sorong. (Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Anggota DPR RI Dapil Papua Barat, Robert Joppye Kardinal menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada pemuda-pemudi yang ada di jl. Basuki Rahmat Kilometer 12, Kelurahan Klasaman, Distrik Klaurung, Kota Sorong, Selasa (22/3/2022).

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPR) RI, Robert Joppye Kardinal yang diwakili pembawa materi, Waskito menjelaskan bahwa tujuan dari pelaksanaan sosialisasi 4 pilar MPR tersebut , untuk mendapatkan masukan dan saran dari masyarakat terhadap pelaksanaan Pancasila sebagai dasar negara, UUD 1945 sebagai hukum dasar negara RI, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Dengan adanya sosialisasi 4 pilar ini, saya berharap dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman, serta memperkuat ideologi warga atau pemuda-pemudi khusunya Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika melalui penerapannya dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Menurutnya, masa depan bangsa sangat tergantung kepada para pemuda sebagai penerus bangsa. Oleh karenanya pemuda wajib memahami empat pilar negara yang menjadi pondasi dalam membangun bangsa.

“Keempat pilar ini harus benar-benar ditanamkan kepada para pemuda agar mereka benar-benar paham dan mau menjaga serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, “terangnya.

Apalagi, sambungnya, di era globalisasi seperti sekarang ini pengaruhnya sangat besar terhadap perilaku para pemuda, sehingga mereka benar-benar dituntut harus memahami peranan empat pilar ini.

Waskito berharap, soaialisasi ini terus berkelanjutan, dengan memberikan pembekalan dan pemahaman kepada masyarakat luas, agar nilai – nilai Pancasila dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Acara sosialisasi 4 pilar kebangsaan, ditutup dengan foto bersama. Pada kesempatan itu, juga dilakukan penyerahan buku 4 pilar kebangsaan secara simbolis.