Soleman Jambormias: Hadirnya YPK Sangat Membantu Anak Papua Mengenyam Pendidikan

Persiapan pemotomgan kue ulang tahun YPK ke-60 oleh Ketua PSW YPK Merauke, Soleman Jambormias bersama pejabat lainnya di Gereja GKI Ottow Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Ibadah syukuran memperingati Hari Jadi ke-60 YPK di tanah Papua di Kabupaten Merauke dipusatkan di Gereja Ottow, Selasa (8/3/2022).

Ketua Pengelola Sekolah Wilayah (PSW) Yayasan Persekolahan Kristen (YPK) Merauke Soleman Jambormias mengatakan, dengan hadirnya YPK sangat membantu anak-anak Papua dapat mengenyam pendidikan dengan baik. Khusus di Merauke, YPK mengelolah 44 sekolah yang terdiri dari 30 Sekolah Dasar, 8 TK, 4 SMP, 1 SMA dan 1 SMK.

“Harapan kita bahwa masa kini, ada wacana bahwa yayasan harus berdiri sendiri, kita mau sampaikan bahwa jangan samakan dengan yayasan YPK, YPPK dan Yapis yang ada di Jakarta dan sekitarnya. Karena justru anak-anak yang ekonomi lemah, masuk di tiga sekolah yayasan ini. Kita harapkan lewat UU Otsus yang mengakui keberadaan tiga yayasan ini dia tetap menjadi perhatian dari pemerintah,” pinta Soleman Jambormias usai ibadah syukuran kepada wartawan.

Lanjut katanya, Pemerintah pusat masih memperhatikan yayasan lewat dana BOS tanpa membedakan status sekolah yayasan atau negeri. Mengapa pemerintah di tingkat provinsi dan kabupaten yang memiliki dana Otsus tidak memberikan dukungan dana tersebut ke sekolah yayasan.

“Harapan saya untuk Pemerintah Daerah, mari membantu kita karena di dalam yayasan ada anak-anak negeri yang ekonomi lemah yang harus ditolong,” pintanya lagi.

Dalam HUT YPK kali ini, pihaknya mendapatkan bantuan dana dari donatur untuk mengadakan kegiatan pertandingan bola voly antar club. Selain itu, dana sumbangan dari para kepala sekolah digunakan untuk lomba nyanyi solo dan lomba yospan.