748 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA- PT Pertamina (Persero) terus berupaya agar penyaluran BBM Solar Subsidi (Biosolar) berjalan lancar dan tepat sasaran ke masyarakat di tengah permintaan yang meningkat. Pertamina pun memastikan stok ketersediaan biosolar saat ini dalam kondisi aman, bahkan Pertamina melakukan penambahan pasokan di SPBU meski telah melebihi kuota yang ditetapkan demi kelancaran distribusi ke masyarakat.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, sampai dengan Februari 2022 ini penyaluran Solar Subsidi telah dipenuhi Pertamina hingga mengalami kenaikan sekitar 10%. Pertamina dan Pemerintah bersepakat untuk dilakukannya relaksasi penyaluran kuota, khususnya untuk daerah yang sudah over kuota sehingga dilakukan upaya normalisasi dengan penambahan pasokan Solar Subsidi sesuai permintaan (demand) di wilayah yang mengalami antrean.

Pertamina menegaskan ketahanan stok nasional BBM jenis Solar dalam kondisi aman. Saat ini pasokan nasional untuk solar sebanyak lebih dari 1,9 juta kilo liter per hari atau mencakup kebutuhan 23 hari. Angka ini terus dijaga dan ditingkatkan setiap harinya melalui proses bisnis yang berjalan baik di Pertamina mulai dari produksi minyak mentah di hulu, pengolahan BBM di kilang-kilang Pertamina, sampai memastikan kelancaran dan keamanan distribusi secara nasional.

Distribusi produk BBM ini dilakukan Pertamina baik melalui darat, laut dan udara. Sebanyak 95 kapal yang dioperasikan Pertamina melalui Pertamina International Shipping didedikasikan untuk mendistribusikan produk Pertamina ke seluruh Indonesia. Pertamina melalui Pertamina Patra Niaga juga mengerahkan lebih dari 4.000 truk pengangkut BBM hingga ke pelosok negeri.

Selain itu, lanjut Nicke, upaya lain yang dilakukan Pertamina adalah melakukan koordinasi dengan aparat untuk pengamanan penyaluran solar subsidi dan penindakan penyelewengan solar subsidi.

“Kami sudah bekerja sama untuk berkoordinasi dengan Intelijen Keamanan Kepolisian Republik Indonesia di seluruh wilayah distribusi atau penyaluran Pertamina,” ujar Nicke.

Nicke menambahkan, Pertamina juga melakukan koordinasi dan menyampaikan informasi ke pemerintah daerah terkait keterbatasan penetapan kuota Solar Subsidi dan dukungan regulasi untuk mengatur penyaluran Solar Subsidi, serta usulan penambahan kuota kepada BPH Migas. “Kami juga memastikan ketersediaan Solar Nonsubsidi dan mendorong konsumen untuk membeli Solar Nonsubsidi,” kata Nicke.

Saat ini, konsumsi Solar Subsidi mencapai 93% dari total penjualan produk solar Pertamina. Sedangkan sisanya yang 7% adalah konsumsi Solar Nonsubsidi yang lebih berkualitas seperti Dexlite dan Pertamina Dex.

Nicke mengatakan, upaya yang dilakukan Pertamina tersebut perlu didukung oleh berbagai pihak untuk menghindari kekurangan kuota Solar Subsidi yang sudah ditentukan Pemerintah. Di antaranya untuk penyaluran Solar Subsidi tepat sasaran diperlukannya ketentuan yang lebih detail terkait segmen konsumen yang berhak. Mengingat kuota retail Solar Subsidi tahun 2022 yang ditetapkan untuk disalurkan Pertamina hanya sebesar 14,05 juta kilo liter atau turun lebih dari 5 persen dibandingkan kuota di tahun 2021 yang sebesar 14,85 juta kilo liter.

Selanjutnya, kata Nicke, perlu dilakukan evaluasi formula harga dasar Solar Subsidi dan besaran subsidi tetap, serta evaluasi volume kuota solar subsidi tahun 2022 yang sesuai dengan real demand dan berdasarkan pertumbuhan ekonomi serta kondisi konsumsi saat ini. Selain itu, perlu adanya standarisasi tarif angkutan barang kepada Industri agar tidak terjadi perang tarif, yang berakibat pengusaha truk membeli Solar Subsidi.

“Perlu ketentuan yang lebih tegas agar angkutan industri menggunakan Solar Nonsubsidi. Pemerintah daerah merekomendasikan kepada pengusaha-pengusaha daerah bahwa dalam pengadaan transportasi industri wajib menggunakan Solar Nonsubsidi,” ucap Nicke.

Berita lain untuk anda

Ternyata Begini Cara Melakukan Wisuda Online di Tengah-tengah Pandemi

 55 total views (dibaca) Likee menghadirkan filter baru #PengenWisudaBersama untuk rayakan kelulusan secara online

Aplikasi Video Pendek Makin Naik Daun di Kalangan Musisi dan Artis, Ini Alasannya!

 84 total views (dibaca) Platform video pendek menjadi ruang yang menghubungkan penggemar dengan para penyanyi favorit, membantu musisi dan artis independen untuk membagikan karya ke lebih banyak orang.

Peringati Hari Bumi Sedunia, Ini Upaya IKEA Indonesia Jaga dan Ciptakan Lingkungan Berkelanjutan

 1,601 total views (dibaca)  1,601 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Kondisi lingkungan yang semakin memprihatinkan saat…

Kapolri Tekankan Densus 88 Kembangkan Kemampuan Hadapi Tantangan

 712 total views (dibaca)  712 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, BALI – Kapolri Jenderal Listyo Sigit memberikan pengarahan…

AHY Minta Seluruh Kader Pejuang Demokrat Waspadai “Putar Balik” Fakta Hukum oleh Moeldoko Cs di PTUN

 690 total views (dibaca)  690 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA- Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhyono…

Perkuat Kolaborasi, Raja Ampat Tingkatkan Pengelolaan Pari Manta

 723 total views (dibaca)  723 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT- Perairan Raja Ampat dikaruniai keanekaragaman hayati…

Permintaan Majelis Hakim, Kejaksaan Segera Tetapkan SW Sebagai Tersangka Terkait Kasus Korupsi di Raja Ampat

 554 total views (dibaca)  554 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Majelis Hakim meminta Penyidik Kejaksaan menetapkan Selviana…

Indosat Ooredoo Hutchison Catat Laba Kuat di Kuartal I Tahun 2022 sebagai Entitas Gabungan Baru

 155 total views (dibaca) Gedung Kantor Pusat Indosat Ooredoo. Jl. Medan Merdeka Barat no.21, Jakarta. (Dok. Indosat)

MSR : Tidak Semua Masalah Jadi Tanggung Jawab Gubernur

 1,748 total views (dibaca)  1,748 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,MANOKWARI- Terkait dengan beberapa pemberitaan yang viral dan menjadi…

SKK Migas–KKKS Pamalu Dukung Pemprov Papua Barat dalam Pandemik Covid-19 di Manokwari

 1,589 total views (dibaca)  1,589 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI – Totalitas dukungan industri hulu migas terus…