Soal Formula E, PAN: Kalau Budgetnya Dari APBD Pasti Kami Tolak!

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani, saat ditemui di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, pada Rabu (15/3/2023). (Foto : Pierre Ombuh/TN).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Partai Amanat Nasional (PAN) melalui Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta Zita Anjani, monyoroti perihal penyelenggaraan Formula E tahun ini di Jakarta, yang sirkuitnya akan pindah ke Jalan Sudirman. Padahal sebelumnya dilangsungkan di kawasan Ancol pada tahun lalu.

Kemudian Zita menyebut akan menolak, jika dana yang digunakan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Namun tidak mempermasalahkan kalau dana yang digunakan bukan dari APBD dalam pelaksanaan Formula E di Jalan Sudirman, Jakarta.

“Saya pribadi dan Fraksi PAN kalau di luar lokasi yang kemarin (Ancol), budgetnya non APBD ok aja. Tapi kalau budgetnya dari APBD pasti kami tolak,” kata Zita di Gedung DPRD DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat pada Rabu (15/3/2023).

Ketika ditanyakan awak media terkait akan menganggu arus lalu lintas dikawasan tersebut. Zita menyerahkan sepenuhnya kepada Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan ia meyakini bahwa sudah ada komunikasi lebih lenjut dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk pelaksanaannya.

“Ya Pj kan berkomunikasi ya dengan Pak Presiden, jadi kalau ranah itu kita serahkan ke Pak Pj,” ujar Zita lebih lanjut.

Sebagai informasi, berdasarkan situs Formula E Operation (FEO), balap mobil listrik itu akan diselenggarakan malam hari pada 3 dan 4 Juni 2023.

Sebelumnya, Ketua Steering Committee (SC) Formula E 2023 Bambang Soesatyo (Bamsoet), juga mengungkapkan tidak akan menggunakan dana APBD maupun APBN. Ini juga sesuai dengan arahan dari Presiden Jokowo dan Pj Gubernur Heru.

“Sesuai arahan gubernur, arahan presiden acara ini adalah b to b (business to business) sama sekali tidak memakai sekali lagi APBN maupun APBD,” jelas Bamsoet di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (14/3/2023).

Kemudian, Ketua MPR RI ini menyebut bahwa acara Formula E dapat membuka peluang untuk UMKM agar dapat ikut andil, karena saat itu seluruh mata dunia akan tertuju pada Formula E di Jakarta pada Juni mendatang.

“Kalau nggak ya banyak teman-teman swasta yang akan mencari peluang, UMKM, yang lain untuk ikut ambil bagian karena ini akan ditonton oleh 1,5 m dunia diliput oleh 153 televisi internasional,” kata Bamsoet memungkasi.