Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Setiawan Aswad. Foto-Ist/TN

 2,461 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Seluruh pelajar tingkat SMA se-Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun ajaran 2022/2023 mulai bertahap mendapatkan kualitas pembelajaran yang seragam.

Hal itu berkat hadirnya inovasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui program Smart School: Satu Standar, Satu Guru, Satu Sulsel. Dalam program itu, menghadirkan sistem pembelajaran hybrid. Melalui pendekatan digital, kualitas dan mutu yang diterima siswa/siswi SMA se-Sulsel seragam.

Bahkan ini menjadi inovasi sistem pembelajaran hybrid pertama yang dihadirkan oleh pemprov di Indonesia. Program ini diinisiasi langsung oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman ini sebagai wujud dalam mendorong Sumber Daya Manusia (SDM).

“Inovasi dalam dunia pendidikan ini merupakan ide dari Gubernur, bapak Andi Sudirman Sulaiman, bahwa trend dunia pendidikan ke depan akan sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi. Karena itu pemerintah harus mampu beradaptasi dan menyesuaikan diri,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Setiawan Aswad kepada wartawan, di Makassar, Rsbu (20/7/2022).

Setiawan mengaku, sistem dalam Smart School ini menggabungkan antara pembelajaran online dan offline secara bersamaan (hybrid), dengan tujuan untuk mendukung pelaksanaan proses pembelajaran dimana siswa dapat meningkatkan daya serap siswa atas materi yang diajarkan, meningkatkan kemampuan belajar mandiri siswa, meningkatkan partisipasi aktif siswa, meningkatkan kualitas materi pendidik dan meningkatkan kemampuan menampilkan informasi dengan perangkat teknologi informasi.

Yang kemudian pendalamannya diperkuat oleh para siswa dengan proses belajar di kelas, dengan pendampingan guru mata pelajaran di sekolah masing-masing.

“Dinas Pendidikan telah memilih 70 guru yang dianggap paling baik atau memiliki metode paling efektif dalam mentransfer pengetahuan dalam proses pembelajaran. Guru-guru ini diseleksi oleh Tim Gabungan Musyawarah Guru Mata Pelajaran dan Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel. Merekalah yang memberikan pembelajaran secara online kepada seluruh siswa SMA se-Sulsel. Kemudian dilanjutkan pendalaman secara offline oleh guru pendamping di kelas,” ungkap dia.

Dalam pembelajarannya, kata dia, akan menggunakan pendekatan pembelajaran mandiri dan interaktif dengan daring, dan pembelajaran klasikal. Sehingga video penjelasan guru bisa kembali diakses melalui aplikasi smart school E-Andalan.

“Setelah mengikuti pelajaran secara virtual dari guru-guru smart school, peserta didik akan melakukan pendalaman materi pelajaran bersama guru-guru pendamping mereka yang ada di kelas serta pengayaan melalui pengerjaan tugas-tugas. Setiap siswa, guru dan pihak sekolah memiliki akun masing-masing untuk bisa mengakses aplikasi Smart School melalui gawai, baik smartphone, komputer atau pun perangkat smart school yang tersedia di setiap sekolah,” paparnya.

Selain fasilitas pembelajaran online, aplikasi smart school juga menyediakan Learning Management System (LMS) yang lengkap, seperti modul-modul, bahan ajar, tugas-tugas dan quiz, serta video-video bank soal yang berisi trik-trik penyelesaian soal.

“Fitur ini disediakan untuk membiasakan siswa mengerjakan soal-soal yang sering kali muncul pada ujian-ujian evaluasi maupun tes masuk perguruan tinggi,” ungkapnya.

Adapun sejumlah layanan dalam aplikasi Smart School, antara lain medical record, smart news, smart library, smart character, smart event, learning resource, smart passion, smart diary, smart game, dan virtual experience.

Berita lain untuk anda

Setubuhi Pacar Yang Masih di Bawah Umur, Pemuda Ini Dilaporkan Polisi

 772 total views (dibaca)  772 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Sungguh malang nasib, Bunga (nama samaran )…

PDP di Halmahera Tengah Bertambah

 783 total views (dibaca)  783 total views (dibaca) Ternate, TN – Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten…

Sang Direktur Jadi Pesakitan, Benarkah 103.434 m3 Kayu Merbau PT BCM Illegal?

 751 total views (dibaca)  751 total views (dibaca) “Kalau aku salah, pasti aku ini ada takut pak.…

Cegah Penularan Covid-19, Alumni HMI Raja Ampat Bagi-Bagi Masker

 703 total views (dibaca)  703 total views (dibaca) Waisai, TN- Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) kabupaten Raja…

Sekda Maybrat Bantah Pernyataan Ombusdman Papua Barat

 741 total views (dibaca)  741 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Maybrat, Jhony Way,…

Di Merauke, Lockdown Diganti Dengan Pembatasan Penumpang dan Wilayah

 686 total views (dibaca)  686 total views (dibaca) Merauke, TN – Bupati Merauke. Frederikus Gebze mengumumkan, istilah…

Benny Latumahina Sebut Pembuat Narasi Berita Salah Menterjemahkan Ucapan Bupati

 670 total views (dibaca)  670 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Ketua DPRD Kabupaten Merauke, Benny Latumahina,…

12 Kabupaten di Sulsel Aman Dari Covid-19

 841 total views (dibaca)  841 total views (dibaca) Makassar, TN – Berbagai langkah dan terobosan yang telah…

Kunjungi Lokasi TMMD, Panglima Kodam XVI/Pattimura Disambut Tarian Cakalele

 2,990 total views (dibaca)  2,990 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TIKEP – Puluhan warga Desa Fanaha dan kalangan…

Isu Soal Meninggalnya Pasien Positif Covid-19 di Ambon Hoax

 690 total views (dibaca)  690 total views (dibaca) Ambon, TN – Isu yang beredar di masyarakat Kota…