Berita

Skor Kota Ambon Naik 0,25 Poin, Tapi…

×

Skor Kota Ambon Naik 0,25 Poin, Tapi…

Sebarkan artikel ini
Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Kota Ambon mengalami peningkatan skor menjadi 2,35 dalam zonasi peta epidemiologi sebaran Covid-19 kabupaten/kota di Maluku.

1461
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Skor kota Ambon pada tanggal 20 Februari naik sebesar 0,25 poin dari minggu lalu 2,1 menjadi 2,35, dan masih berada di Zona Orange atau resiko sedang,” ungkap Juru Bicara Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz kepada wartawan, di Ambon, Kamis (24/2/2022).

Kenaikan skor ini, kata dia, merupakan harapan pemerintah dan masyarakat, dimana Kota Ambon tidak sampai turun di zona Merah (resiko tinggi), yang akan turut berpengaruh pada makin ketatnya pemberlakuan aturan PPKM.

Menurut Joy Adriaansz, kenaikan skor tidak lain disebabkan tingkat kesembuhan yang tinggi. Dilain sisi, jumlah terkonfirmasi positif juga terus mengalami penurunan dari hari ke hari.

“Awal Omicron merebak tingkat terkonfirmasi perhari bisa mencapai 100 orang per hari, tetapi saat ini terus mengalami penurunan, sementara tingkat kesembuhan terus meningkat,” kata Adriaansz.

Berdasarkan data 22 Februari 2022, penambahan jumlah kasus konfirmasi hanya 27 jiwa, sehingga total menjadi 1393 jiwa yang positif Covid-19.

“Sebagian besar pasien isolasi mandiri, karena tidak bergejala hanya sekitar 87 pasien yang dirawat di rumah sakit, dan 13 orang yang isolasi terpusat di Asrama Haji, Waiheru,” ungkap Adriaansz

Tingginya angka kesembuhan, menurut dia, turut dipengaruhi tingkat vaksinasi yang capaiannya di Kota Ambon sudah sangat tinggi.

“Memang dirasakan dampak vaksin dosis 1 dan 2 sangat berpengaruh pada mereka yang terpapar. Mereka bisa terpapar tetapi sangat cepat sembuh, karena fungsi antibodi sudah terbentuk,” pungkas Adriaansz

Dia berharap, masyarakat Kota Ambon tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas, terutama memakai masker, karena meski dampak Omicron tidak separah varian Delta, namun harus tetap diwaspadai penyebarannya apalagi bagi masyarakat yang memiliki penyakit bawaan (komorbid) maupun golongan lansia.

“Yang paling berbahaya bagi mereka yang komorbid maupun lansia, dan rata–rata yang meninggal terkonfirmasi Covid-19 adalah mereka yang berusia di atas 50 tahun,” tandas Adriaansz.