SKK Migas Pamalu Siaga Menghadapi Pandemic Virus Covid-19.

Sorong, TN – Mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), Kantor Perwakilan SKK Migas untuk wilayah Papua dan Maluku, memberlakukan health advice dengan menyediakan alat bantu higienis berupa handsanitizer di lokasi kerja.

Kebijakan ini adalah salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona agar tidak meluas.

Upaya lain yang dilakukan adalah, selain membatasi social distancing para pekerja hulu migas dalam bentuk travel advice untuk kegiatan operasionalnya, juga dilakukan upaya prefentif berupa survilance monitoring.

Monitoring ini dilakukan secara rutin untuk mewaspadai vius corona, dengan melakukan pendataan status kesehatan dan kondisi pekerja yang memilki riwayat perjalanan operasional.

“Kami di kantor Perwakilan SKK Migas Pamalu, tetap melakukan kegiatan dengan prioritas prioritas yang ada dengan tetap terukur,” jelas A Rinto Pudyantoro, selaku Kepala Perwakilan SKK Migas untuk wilayah Papua dan Maluku, Senin (16/3/2020).

Kebijakan ini selaras dengan arahan Menteri ESDM yang disampaikan melalui Surat Edaran nomor 4.E/70/SJN.P/2020 guna Mencegah Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), dengan terlebih dahulu mengedarkan surat himbauan kewaspadaan Covid-19 no 0041/SKKMF0000/2020/S1 tanggal 03 Maret 2020 kepada operator hulu migas.

“Dalam kondisi kegiatan rutin, pekerjaan kami tidak hanya memerlukan pemikiran, tapi juga butuh ketahanan kondisi fisik yang harus baik,” tambah Rinto.

Dalam arahannya, Rinto menyampaikan agar pekerja yang tidak fit, harus segera ke dokter dan menyertakan surat dokter, bila ada pekerja dengan riwayat memilki deman, sebagai salah satu indikasi kewaspadaan, sehingga berdasarkan monitoring suhu tubuh, kondisi pekerja akan terpantau secara dini.

“Kami melaporkannya secara berkala kepada dokter SKK Migas,” tandas Rinto.

Pemberlakukan pembagian tugas bekerja dari kantor dan bekerja dari rumah, merupakan pilihan yang paling optimal, guna tetap mengupayakan kemaslahatan masyarakat dengan tetap optimis ikut turut menjaga pembatasan penyebaran virus Covid-19. **