Berita

SKK Migas dan Petrogas Latih Peningkatan Kapasitas Kemandirian Ekonomi Masyarakat di Aimas

×

SKK Migas dan Petrogas Latih Peningkatan Kapasitas Kemandirian Ekonomi Masyarakat di Aimas

Sebarkan artikel ini

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – SKK Migas – Petrogas (Basin) Ltd. melaksanakan Program Pengembangan Masyarakat (PPM) bidang ekonomi yaitu program peningkatan kemandirian ekonomi masyarakat, berupa pelatihan manajemen administrasi dan pelatihan quality control yang ditujukan bagi pengurus dan anggota Koperasi Warmanda sejahtera di Distrik Aimas, Kabupaten Sorong.

Pelatihan tersebut didukung oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sorong, serta jasa penunjang katering perusahaan, PT. Indocater.

Pelatihan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan PPM yang dilaksanakan oleh Petrogas (Basin) Ltd. dalam upaya untuk peningkatan kemandirian ekonomi masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasi.

4941
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Melalui pelatihan ini, diharapkan produk sayur-mayur yang dikelola oleh Koperasi Warmanda Sejahtera yang berasal dari petani lokal dapat diserap oleh PT. Indocater.

Giat pelatihan dibuka oleh Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi (BPPRD) Kabupaten Sorong, Oktovianus Kalasuat, Sabtu (30/10/2021), dan dihadiri oleh Anggota DPD RI Dapil Papua Barat, Yance Samonsabra, dan Kepala Departemen Humas Perwakilan SKK Migas wilayah Papua & Maluku (Pamalu), Galih Agusetiawan.

Kepala BPPRD Kabupaten Sorong yang mewakili Bupati Sorong, Oktovianus Kalasuat, dalam sambutan pembukaan acara menyampaikan apresiasi atas terlaksananya pelatihan ini.

“Kegiatan yang dilakukan oleh Petrogas (Basin) Ltd. hari ini telah sesuai dengan visi dan misi dari Bupati Sorong, yaitu meningkatkan ekonomi kesejahteraan bagi masyarakat. Untuk itu kami berikan apresiasi kepada Petrogas (Basin) Ltd., karena telah menerjemahkan visi dari Pemerintah Daerah.”ucapnya.

Sementara itu, Kepala Departemen Humas Perwakilan SKK Migas Pamalu, Galih Agusetiawan, mengatakan bahwa pelaksanaan PPM yang dilakukan oleh Petrogas ini merupakan bagian dari kewajiban tanggung jawab sosial dari setiap Kontraktor yang bermitra dengan pemerintah, dalam kaitannya untuk memastikan kegiatan hulu migas dapat berjalan secara efektif dan efisien sesuai rencana operasionalnya.

“Dengan dilakukannya pelatihan peningkatan kapasitas bagi anggota koperasi, diharapkan nantinya Koperasi yang dibentuk dapat terus mengembangkan diri dalam meningkatkan kualitas kemitraannya, hingga nantinya dapat turut mengajak para mitra lainya seperti Bumdes yang ada di sekitarnya untuk bisa berkolaborasi menciptakan kemandirian ekonomi desanya,” tutup Galih.

Pada kesempatan yang sama, Manager Field Relations & Communication, Marcus Rumaropen menyampaikan bahwa Petrogas (Basin) Ltd. dengan dukungan SKK Migas terus berupaya membantu meningkatkan standar ekonomi masyarakat di sekitar wilayah operasi guna peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pelaksanaan PPM bidang Ekonomi.

“Semoga dengan terlaksananya kegiatan ini dapat membantu meningkatkan standar ekonomi masyarakat, khususnya bagi masyarakat petani sayur yang berada di wilayah Distrik Aimas,” harapnya.

Selain pelatihan, dalam kegiatan kali ini juga dilakukan penyerahan peralatan pendukung pertanian oleh SKK Migas dan Petrogas (Basin) Ltd. untuk operasional anggota Koperasi Warmanda Sejahtera berupa enam alat penyemprot hama dan dua traktor bajak.