Berita

SKK Migas Beri Pembekalan Industri Hulu Kepada Perwira Jajaran Kodam XVIII/Kasuari

×

SKK Migas Beri Pembekalan Industri Hulu Kepada Perwira Jajaran Kodam XVIII/Kasuari

Sebarkan artikel ini
sosialisasi dan pembekalan, Industri Hulu Migas bersama SKK Migas Papua dan Maluku (Pamalu) di Makorem 181/PVT Sorong. (Foto: IST/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Para Kasi Korem 181/PVT serta Para Komandan Satuan dan Kabalak Aju jajaran Korem 181/PVT, menerima sosialisasi dan pembekalan, Industri Hulu Migas bersama SKK Migas Papua dan Maluku (Pamalu).

Kegiatan pembekalan ini diikuti 100 Perwira Kodam XVIII/Kasuari yang berada di seluruh satuan jajaran Kodam, secara terpusat di Makorem 181/PVT, Jln. Pramuka No. 1, Kota Sorong, Papua Barat, Jumat (25/11/2022).

Pemateri dalam pembekalan itu disampaikan langsung oleh Pati LO Kasad untuk SKK Migas, Mayjen TNI Muhammad Hasan serta Rudi Fajar dari perwakilan SKK Migas.

4914
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Acara ini juga diikuti secara Virtual oleh Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos, yang didampingi para pejabat Kodam XVIII/Kasuari dari ruang Posko Kodam XVIII/Kasuari, Makodam, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat

Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos., dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada SKK Migas Wilayah Papua dan Maluku yang telah memberikan pembekalan kepada Perwira jajaran Kodam XVIII/Kasuari.

“Saya yakin kegiatan ini sangat besar manfaatnya bagi kita semua dalam menentukan langkah dan kerjasama dengan berbagai pihak dan terkhusus dengan SKK Migas saat ini guna mendukung tugas pokok kita di lapangan. Tentunya kehadiran kita TNI Angkatan Darat dengan SKK Migas di wilayah Republik ini hanya untuk kepentingan Bangsa dan Negara yang kita cintai in,”jelasnya.

Sementara itu Pati LO Kasad untuk SKK Migas Mayjen TNI Mochamad Hasan, S.H., dalam paparannya menyampaikan, Dasar kerjasama TNI-AD dengan SKK Migas tertuang dalam Nota Kesepahaman antara SKK Migas dengan TNI Nomor Mou-0003 SKKMA0000/2019/50 dan NK/19/XI/2019/TNI Tgl 12 Nov 2019, tentang penyelenggaraan bantuan pengamanan dan penguatan kegiatan terhadap Fasilitas kegiatan usaha Hulu Migas di Yurisdiksi Nasional Indonesia.

”Sinergi SKK Migas, TNI AD, Polri dan masyarakat sekitar sangat diperlukan dalam mengamankan aset-aset sektor energi melalui strategi Binter dan upaya hukum dalam menindak isu ancaman keamanan aset strategis dalam mendukung kondusifitas investasi Hulu Migas” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Papua & Maluku, Subagyo menjelaskan bahwa kegiatan pembekalan bertujuan untuk memberikan satu kesepahaman mengenai industri hulu migas sebagai proyek strategis nasional.

Selain itu, kata Subagyo, industri hulu migas juga merupakan lokomotif penggerak perekonomian di suatu daerah, dengan terciptanya multi player effect. Dimana salah satu efek berganda adalah terwujudnya masyarakat mandiri yang sejahtera.

Ia pun menyampaikan bahwa proyek tangguh train 3 akan segera berakhir, sehingga akan berdampak dengan penurunan tenaga kerja di daerah Bintuni.

“Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diharapkan, maka perlu dukungan semua pihak termasuk TNI dalam menjaga keamanan dan stabilitas daerah operasi sebagai objek vital negara,”pungkasnya.