Berita

Sistem Informasi Tiga Inovasi Daerah Diluncurkan di HUT Kota Ambon ke-447

×

Sistem Informasi Tiga Inovasi Daerah Diluncurkan di HUT Kota Ambon ke-447

Sebarkan artikel ini
Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena saat meluncurkan sistem Informasi dari tiga inovasi daerah, saat Upacara HUT ke-447 Kota Ambon, Rabu (7/9/2022), di Lapangan Merdeka.

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Sistem Informasi dari tiga inovasi daerah, diluncurkan secara simbolis oleh Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena pada momentum Upacara HUT ke-447 Kota Ambon, Rabu (7/9/2022), di Lapangan Merdeka.

1466
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Sistem Informasi yang diluncurkan yakni, aplikasi Kalesang Kintal Kosong, Jiku Bata (Sudut Balai Kota) dan Absensi Elektronik Baktiku.

Kalesang Kintal Kosong, menurut Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, merupakan inovasi pemanfaatan lahan kosong untuk dijadikan lahan produktif dengan menanam buah, sayur-sayuran, atau budidaya ikan.

Dengan adanya sistem informasi yang mendukung inovasi ini, masyarakat kota Ambon yang memiliki lahan kosong dapat melaporkan kepada Pemkot Ambon untuk dibantu mendapatkan benih tanaman.

“Melalui gerakan kalesang kintal kosong, masyarakat yang memiliki lahan kosong di samping atau belakang rumah, akan dibantu dengan pemberian bibit, hasilnya bisa untuk konsumsi atau dijual ke pasar,” urainya.

Selanjutnya, Jiku Bata atau Sudut Balai Kota, adalah upaya pemkot untuk membantu UMKM menjual produknya di “jiku” atau sudut Balai Kota, sehingga UMKM bisa produktif.

Dan yang terakhir, Aplikasi Baktiku merupakan aplikasi absensi elektronik berbasis pengenalan wajah (face recognition), dan GPS untuk monitoring jam masuk dan keluar kantor ASN Pemkot Ambon.

Untuk mendukung Sistem Informasi Kalesang Kintal Kosong, Perwakilan BI Turut hadir memberikan bantuan 3000 bibit tanaman cabai kepada Pemkot Ambon.

Selain Launching sistem informasi ketiga inovasi daerah, Pemkot Ambon juga membuat program orang tua asuh untuk membantu anak stunting.

“Gerakan orang tua asuh ini agar bapak dan ibu yang memiliki kelebihan bisa membantu anak-anak stunting dari keluarga-keluarga yang tidak mampu,” tutup Wattimena.